icon-category Gadget

Huawei MatePad Pro 11 Meluncur, Tablet Langsing yang Powerful

Huawei MatePad Pro 11 (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Di samping Huawei MateBook X Pro dan MateBook D16, tablet flagship terbaru Huawei MatePad Pro 11 turut melengkapi perangkat smart office yang diboyong Huawei secara global. Dalam acara ‘Huawei Smart Office Launch’, Huawei MatePad Pro 11 menarik perhatian awak media yang datang karena spesifikasi dan fitur yang dibawanya.

Tim Uzone.id menjadi salah satu media yang turut mengikuti acara yang digelar di BITEC (Bangkok International Trade & Exhibition Centre) di bangkok, Thailand pada Rabu (27/7). Sama halnya, kami turut terpukau dengan kehadiran Huawei MatePad Pro 11 di perhelatan tersebut.

Bagaimana tidak, perangkat ini menjadi tablet paling tipis dan ringan di kelasnya, dalam hal ini untuk perangkat tablet dengan ukuran layar 11 inci. Ketebalannya cuma 5,9mm dengan bobot 449 gram.

Ya, Huawei MatePad Pro generasi terbaru ini dilengkapi dengan layar berukuran 11 inci berjenis OLED. Resolusi layarnya mencapai 2K atau 2.560 x 1.600 piksel dengan refresh rate hingga 120Hz. 

Rasio layarnya pun lebar, tepatnya 16:10 dengan kerapatan piksel 274ppi. Cakupan layarnya begitu luas mencapai 10-bit atau 1 miliar warna dengan kalibrasi deltaE < 1.

Tak cukup, Huawei MatePad Pro 11 juga menjadi tablet pertama di dunia dengan sertifikasi Full Care Display 3.0 dari TUV Rheinland. Menurut sang bos Huawei, Richard Yu, sertifikat ini menjamin keamanan dan kenyamanan mata pengguna saat memakai tablet ini.

Baca juga: Huawei MateBook D16 Tampil dengan Desain dan Prosesor Baru

Ditenagai Snapdragon 888 & Snapdragon 870

Richard Yu memang tak menjelaskan jenis prosesor apa yang digunakan oleh tablet premium Huawei ini. Kendati begitu, ia sempat menyebutkan tentang ‘prosesor 5nm’ yang merujuk pada Snapdragon 888 dari Qualcomm.

Namun dari beberapa informasi yang kami himpun, ada pula tipe Huawei MatePad Pro 11 dengan spesifikasi lebih rendah dengan prosesor Snapdragon 870. Kemungkinan keduanya dipersiapkan untuk market yang berbeda-beda.

Untuk ‘menjinakkan’ dapur pacunya, Huawei menyematkan 3D Graphene dan vapor chamber untuk menjaga prosesor tidak overheat. Kemudian dipasangkan dengan RAM 8 GB atau 12 GB, penyimpanan internal 128 GB, 256 GB atau 512 GB.

Huawei MatePad Pro 11 pun menjadi tablet pertama yang hadir dengan sistem operasi HarmonyOS 3.0. Ragam fitur baru dihadirkan, salah satunya Card Folder yang memungkinkan pengguna untuk menumpuk grup widget agar tampilan layar utama tidak terlihat penuh, walau pengguna tetap ingin menampilkan sejumlah widget di jendela yang sama.

HarmonyOS 3.0 juga membuat pengguna dapat membuka dua aplikasi bersebelahan, ditambah dengan dua aplikasi lainnya yang dibuka secara pop-up. Fitur lainnya, tablet terbaru Huawei ini mendukung WiFi 6, Bluetooth 5.2 dengan AAC dan DLAC untuk audio, port USB-C Gen 3.1, serta 6 speaker dengan cinematic audio.

Huawei MatePad Pro 11 ditopang oleh baterai jumbo. Kapasitasnya 8.300 mAh yang dapat bertahan sampai 11,5 jam untuk memutar video. Adapun untuk kebolehan fast charging-nya berbeda antara model Snapdragon 888 dan Snapdragon 870.

Varian dengan prosesor Snapdragon 888 mendukung pengisian daya cepat 65W dengan adaptor charger 40W dalam paket pembeliannya. Sedangkan model Snapdragon 870 memiliki fast charging 40W yang dibekali dengan adaptor charger 22,5W dalam paket pembeliannya.

Di bagian kamera, terdapat kamera utama 13MP dan kamera ultra wide 8MP di belakang. Kedua kamera ini tergabung dalam bingkai berbentuk lingkaran yang membuatnya tampil beda. Sementara di depan, ada kamera selfie 16MP.

Baca juga: Huawei MateBook X Pro Resmi di Indonesia, Segini Harganya

Didukung Huawei Smart Keyboard dan M-Pencil

Di kesempatan yang sama, bos Huawei pun memperkenalkan aksesori pendukung MatePad Pro 11, yakni Huawei Smart Keyboard dan M-Pencil. Keduanya membuat perangkat ini semakin nyaman dan mudah untuk dioperasikan, apalagi untuk kerja mobile.

Huawei Smart Keyboard dapat dihubungkan menggunakan koneksi Bluetooth. Selain dapat menempel dengan casing sekaligus kickstand, keyboard ini dapat digunakan secara terpisah agar pemakaiannya lebih fleksibel.

Selain berfungsi sebagai casing, Huawei Smart Keyboard juga dapat dijadikan sebagai wadah M-Pencil dan sebagai built-in antenna. Dengan keyboard ini, koneksi WiFi bisa jauh lebih baik dan stabil lagi.

Buat pengguna yang suka gambar-gambar, M-Pencil pun bisa dimanfaatkan. Ada ragam aplikasi editing maupun untuk menggambar dan menunjang kreativitas pengguna di AppGallery maupun pada sistem HarmonyOS 3.0.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini