icon-category Auto

IIMS 2024: Sejarah BYD, 30 Tahun Jadi Produsen EV Nomor Satu Dunia

  • 22 Feb 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Siapa yang sangka, pabrikan China sekelas BYD yang dulunya diremehkan, kini menjadi salah satu raksasa otomotif dunia. Bahkan, khusus di segmen New Energy Vehicle (NEV) kini sudah menjadi nomor satu di dunia mengalahkan Tesla.

Build Your Dreams (BYD), merupakan perusahaan teknologi global yang berdedikasi untuk menciptakan masa depan berkelanjutan melalui inovasi teknologi.

Berbasis di Shenzhen, Guangdong, China, BYD telah melakukan investasi besar selama 30 tahun untuk melakukan riset dan pengembangan, sehingga menghasilkan teknologi untuk mencapai visi dan misi mereka untuk menciptakan lingkungan bebas emisi.

Saat ini, BYD telah menjadi pemimpin dalam industri global dengan mengembangkan produk berteknologi renewable energy dan telah menjadi produsen NEV terbesar di dunia dan telah menjual lebih dari enam juta unit NEV.

alt-img

“BYD berdiri pada tahun 1995 sebagai perusahaan baterai, dengan rumah yang disewa sebagai kantor dan hanya terdiri dari 20 orang,” ujar Jacob Ma, Head of Training BYD Asia-Pacific, Assistant President Director, PT BYD Motor Indonesia di IIMS 2024.

Selang tiga tahun setelah lahir, BYD mendirikan cabang di Eropa, dua tahun kemudian bekerja sama dengan dua raksasa selular dunia Motorola dan Nokia, dan pada tahun 2003 BYD pertama kali membuat mobil sendiri.

Dalam kurun waktu 12 tahun, BYD sudah memiliki kantor pusat. Dan di tahun 2023, BYD menjadi produsen EV terbesar di dunia.

“Ini adalah 20 tahun yang sangat pendek untuk berkembang sepesat ini dan merupakan sebuah kebanggaan BYD telah mencapai hal tersebut,” tambah Jacob.

Sejak awal berdiri, BYD dikenal sebagai salah satu pemeran utama dalam industri baterai, dengan reputasi yang dibangun melalui inovasi dan kualitas produknya.

Keunggulan BYD dalam teknologi baterai telah terbukti melalui berbagai kemitraan strategis yang dimulai pada tahun 2000 dengan merek-merek terkemuka di industri telekomunikasi.

Tahun 2003, BYD membeli perusahaan negara agar mempunyai lisensi untuk membuat mobil dan memulai produksi mobil konvensional pada tahun 2010. BYD yakin bahwa kemampuan yang baik dalam memproduksi mobil konvensional dapat menjadi langkah awal untuk memproduksi NEV.

Pada tahun 2008, BYD membuat mobil bertenaga hybrid pertama di dunia yang bernama f3dm. Kata dm merupakan singkatan dari dual mode EV atau hybrid.

alt-img

Dengan fokus awal pada produksi baterai, BYD kemudian berkembang menjadi produsen mobil listrik dan komponen kendaraan elektrik yang inovatif.

Teknologi yang diciptakan BYD beragam mulai dari Blade Battery pada tahun 2020 yang disematkan di setiap EV BYD, e-platform pada tahun 2021 yang fenomenal menjadikan ruang mesin menjadi lebih efisien dari segi ruang dan keamanan.

Kontribusi lini bisnis BYD melalui produksi NEV saat ini telah menempatkan BYD sebagai perusahaan pertama di dunia yang menyediakan solusi untuk seluruh rantai industri kendaraan listrik.

Sebagai produsen NEV terbesar di dunia, EV BYD saat ini telah tersebar di 70 negara dan 400 kota yang berada di enam benua.

Pada tahun 2023, produksi NEV BYD secara global mencapai 3.045.231 unit dengan peningkatan sekitar 62.24 persen dari tahun sebelumnya.

Bahkan pada tahun yang sama, BYD juga dan memecahkan rekor penjualan, yaitu sebesar 3.024.417 unit NEV. Pada tahun 1995 pendapatan BYD sebesar 9.6 juta USD lalu pada tahun 2022, pendapatan BYD sudah mencapai 61 miliar USD.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini