icon-category Digilife

‘Inovasi’ Elon Musk: Embed Twitter jadi Berbayar dan Potong Gaji Direksi

  • 03 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: dok. Deadline

    Uzone.id – Tak lama setelah menyandang status baru sebagai pemilik Twitter, Elon Musk kembali jadi buah bibir berkat ‘inovasinya’ yang lumayan bikin kita mengernyitkan dahi.

    Orang terkaya di dunia, Elon Musk belakangan ini bikin heboh sejagat maya (dan dunia nyata) karena dirinya membeli platform Twitter. Dengan kata lain, saat ini dia adalah pemilik Twitter.

    Musk telah menginformasikan kepada bank-bank yang ia utangi untuk membeli Twitter bahwa dia bakal memangkas gaji jajaran direksi Twitter dan memonetisasi cara kerja platform mikroblog itu. Yup, ini menjadi ‘inovasi’ Musk yang terbaru untuk melunasi utang-utangnya di bank.

    Baca juga: Diplomasi Permen Kopiko ala Menteri Luhut saat Temui Elon Musk

    Dari berbagai sumber, rencana Musk ini sudah ia utarakan saat dirinya rapat dengan para pemegang piutang. Musk mengatakan, Twitter saat ini tertinggal jauh dari Pinterest dan Facebook dari segi margin kotor, sehingga menurutnya Twitter masih punya banyak kesempatan untuk meraup keuntungan.

    Nah, Musk kemudian berpikir tentang cara monetisasi Twitter. Keluarlah ide bahwa hal tersebut “harus mengandung informasi yang penting atau hal-hal yang viral”. Dari sini, Musk kemudian merasa bahwa perlu membuat fitur quote tweet atau embed tweet dari akun-akun terverifikasi menjadi berbayar.

    Baca juga: Demi Twitter, Elon Musk Korbankan Saham Tesla Senilai Rp123 Triliun

    Tak hanya itu, gaji para dewan direksi Twitter pun rencananya akan ia potong juga agar keuangan perusahaan semakin hemat mencapai USD3 juta per tahun.

    Seperti diketahui, fitur embed tweet atau quote tweet berbayar ini dipercaya Musk bisa menjadi cara untuk balik modal setelah dia mengakuisisi Twitter sebesar USD44 miliar atau setara Rp640 triliun.

    Mungkin banyak yang bertanya-tanya, uang Rp640 triliunan ia dapatkan dari mana? Nyatanya, Musk mendapat pinjaman sebesar USD13 miliar dari pinjaman bank dan pinjaman margin senilai USD12,5 miliar dari saham Tesla. Sisanya, Musk membayar pembelian Twitter dengan uang pribadinya.

    Gimana menurut kalian?

    VIDEO: Adu Speed Internet di Merak-Trans Sumatra

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini