home ×
Digilife

Instagram Mulai Fokus ke Video, Tak Lagi Photo Sharing App?

07 October 2021 By
Instagram Mulai Fokus ke Video, Tak Lagi Photo Sharing App?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Platform Instagram nantinya akan dibuat menjadi sebuah aplikasi berbagi video, tidak lagi untuk berbagi foto. Langkah pertama adalah dengan menghilangkan brand IG TV atau TV ala Instagram.

Rencana ini sejatinya telah ada di benak Instagram sejak lama, tepatnya ketika YouTube semakin popular dan TikTok muncul mengambil alih pasar. Bos Instagram menyebut jika ke depan platformnya akan pindah haluan dengan fokus ke video.

Bos Instagram, Adam Mosseri baru-baru ini mengungkapkan rencana tersebut. Dia menegaskan jika Instagram kini bukan lagi Photo Sharing App melainkan Video Sharing App. Peralihan ini merupakan jawaban dari sengitnya kompetisi, terutama perlawanan dari YouTube dan TikTok.

Baca juga: Penyebab Facebook Dkk Down

Baru-baru ini, Instagram mengawali langkahnya untuk membuat konten video lebih sebagai konten utama di platform tersebut. Mereka memutuskan untuk menggabungkan IG TV yang memiliki durasi video lebih panjang dengan video di dalam Instagram Feed. Format baru itu diberi nama sebagai Instagram Video.

Jadi pengguna Instagram bisa membuat video dengan berbagai durasi, baik panjang maupun pendek. Semua konten video akan diletakkan di dalam profil pengguna, di bawah tab 'Video'.

Sementara itu, ketika kita ingin melihat video di Instagram, kita dapat mengetuk di mana saja pada video tersebut untuk masuk ke mode tampilan layar penuh. Setelah menonton, mereka kemudian dapat memilih untuk terus menggulir kan feed untuk menemukan lebih banyak konten video dari pembuat konten atau mengetuk tombol kembali untuk keluar.

Lalu bagaimana dengan Instagram Reels? Sumber TechCrunch menyebut jika perusahaan sepertinya masih akan tetap memisahkan Reels dengan konten video lainnya di Instagram. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelanjutan persaingan dengan TikTok.

Baca juga: Sepanjang September-Oktober, Facebook Sudah Down Lebih dari 7 Kali

Diketahui, IGTV memang sudah kehilangan pamornya sebelum Instagram menghilangkan tombol IGTV berwarna oranye pada awal 2020 lalu. Pasalnya, sejak meluncur pertama kali, dari 1 miliar pengguna Instagram hanya 7 juta yang aktif menggunakan IGTV. Sampai akhirnya IGTV menjadi aplikasi yang terpisah dari Instagram.

Kini, Instagram memutuskan untuk tetap memisahkan IGTV dengan Instagram dan mengubah nama IGTV menjadi Instagram Video. Nantinya, dalam aplikasi itu juga akan dipenuhi dengan fitur-fitur video yang ada di Instagram, termasuk LIve Video, tapi tidak dengan Reels.

Untuk upload video, Instagram juga telah menambah fitur editing di dalamnya dengan menyematkan fungsi trimming, filters, tagging orang dan lokasi.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id