icon-category Digilife

Instagram Tambah Fitur Untuk Temukan Anak yang Hilang

  • 02 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Deeksha Pahariya/Unsplash

    Uzone.id - Instagram merilis fitur baru yang akan menghadirkan informasi penting terkait orang hilang di dalam aplikasi.

    Fitur AMBER Alerts ini bakal memberikan informasi penting untuk membantu mengatasi kasus penculikan anak dan juga situasi serupa, seperti anak atau orang hilang.

    Meta bekerja sama dengan NCMEC (National Center for Missing and Exploited Children) dan juga beberapa organisasi di seluruh dunia untuk menghadirkan fitur ini ke aplikasi Instagram. 

    Beberapa organisasi tersebut antara lain International Centre for Missing & Exploited Children, National Crime Agency (NCA) Inggris, Attorney General’s Office di Meksiko, Kepolisian Australia dan lainnya.

    Baca juga: Fitur Mirip Close Friend Mulai Diuji di Twitter, Kalian Kebagian?

    Sebelumnya, Meta sudah menerapkan fitur AMBER Alert ini di Facebook semenjak 2015 lalu, dan fitur ini terbukti membantu menyebarkan informasi penting sehingga beberapa kasus anak hilang dapat terselesaikan.

    Foto: Fitur AMBER Alert Instagram/Social Media Today

    Fitur ini akan memasukkan informasi detail mengenai anak-anak yang hilang, termasuk foto, deskripsi, lokasi hilang/lokasi penculikan dan informasi lainnya yang dapat membantu pencarian.

    Selanjutnya, pengguna yang tahu informasi tersebut bisa merespon pada peringatan/notifikasi yang muncul sekaligus membagikan ke pengguna lainnya.

    “Kami tahu bahwa peluang menemukan anak hilang akan makin besar ketika ada lebih banyak orang yang mencari, apalagi di jam-jam pertama,” kata Instagram, dikutip dari Social Media Today, Kamis, (02/06/2022).

    Baca juga: Telegram Mulai Siapkan Fitur Premium, Apa Istimewanya?

    “Dengan update ini, jika AMBER Alert diaktifkan oleh pihak berwenang dan pengguna berada di area pencarian, maka notifikasi ini akan muncul di feed pengguna tersebut,” tambahnya.

    Fitur ini bakal diluncurkan mulai hari ini, Kamis, (02/06/2022) secara bertahap dan akan hadir 25 negara dalam beberapa minggu ke depan. 25 negara tersebut adalah Argentina, Australia, Belgia, Bulgaria, Kanada, Ekuador, Yunani, Guatemala, Irlandia, Jamaika, Korea, Lithuania, Luksemburg , Malaysia, Malta, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Rumania, Afrika Selatan, Taiwan, Ukraina, Inggris Raya, Uni Emirat Arab, dan AS.

    Sayangnya, Indonesia belum mendapatkan fitur ini, namun dalam waktu yang akan Instagram mengatakan akan segera memperluas jangkauan fitur ke berbagai negara di waktu yang akan datang.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini