icon-category Digilife

Internet Explorer 'Tutup Usia' Setelah 27 Tahun Hadir di Windows

  • 15 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Internet Explorer (Sumber: BetaNews)

    Uzone.id - Setelah 27 tahun hadir sebagai salah satu browser bawaan di sistem operasi Windows, Internet Explorer pada akhirnya resmi pensiun per hari ini (15/6/2022). 

    Dengan disuntik matinya Internet Explorer, pengguna juga dipastikan tak lagi bisa menggunakan peramban ini per hari esok.

    Internet Explorer pertama kali diluncurkan pada tahun 1995 dan hadir sebagai paket tambahan Windows 95. Sempat jadi primadona di tahun 2003, Internet Explorer harus pamit dan berhenti beroperasi di tahun 2022.

    Baca juga: Mengenal Sejarah Internet Explorer, yang Bakal Dimatikan Microsoft

    Banyak perusahaan lain yang mulai menghadirkan browser dengan performa yang lebih lancar, antar muka yang lebih baik dan juga kecepatan internet yang lebih cepat. Alhasil, Explorer tak lagi bisa bersaing dan memilih untuk mundur.

    Namun pengguna tak perlu bersedih karena Microsoft sudah lebih dulu menyiapkan penggantinya lewat Microsoft Edge yang sudah menjadi browser bawaan pada tahun 2015 lalu di Windows 10.

    Menurut Program Manager Microsoft Edge, browser terbaru itu hanya hadir dengan pengalaman lebih cepat, lebih aman, dan lebih modern daripada Internet Explorer, tapi juga mampu mengatasi masalah utama, yakni kompatibilitas untuk situs web dan aplikasi lawas yang lebih lama.

    Baca juga:  2022, Microsoft Suntik Mati Internet Explorer

    “Microsoft Edge memiliki mode Internet Explorer (“mode IE”) bawaan, sehingga pengguna masih bisa mengakses situs web dan aplikasi berbasis Internet Explorer lawas langsung menggunakan Microsoft Edge,” tambah Sean Lyndersay dalam blog Microsoft ketika mengumumkan akhir dari Internet Explorer.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini