home ×
Gadget

iPhone 13 Bisa Terhubung ke Jaringan Satelit?

30 August 2021 By
iPhone 13 Bisa Terhubung ke Jaringan Satelit?
Share
Share
Share
Share

Foto: Unsplash

Uzone.id -- Akhirnya, ada juga rumor soal iPhone 13 yang gak membosankan. Menjelang hari peluncuran iPhone generasi baru yang dipercaya akan digelar pada September mendatang, muncul bocoran soal kemampuan iPhone 13 yang bikin penasaran.

Analis Ming-Chi Kuo yang kerap meramalkan produk keluaran Apple mengklaim kalau iPhone 13 dilengkapi dengan koneksi ke jaringan satelit secara bawaan.

Mengutip MacRumors, Kuo mengatakan kalau iPhone 13 dapat terhubung secara langsung ke satelit low earth orbit (LEO) berkat chip baseband Qualcomm X60.

Baca juga: iPhone 13 Akan Pecahkan Rekor Ponsel Termahal

Satelit LEO dikenal sebagai tulang punggung layanan internet Starlink milik Elon Musk yang mengandalkan satelit-satelit di orbit rendah Bumi untuk memancarkan sinyal internet ke para konsumen. Selain itu, satelit LEO juga dapat menghindari gangguan internet satelit seperti latency tinggi dan pemadaman secara tiba-tiba.

Starlink bukanlah satu-satunya perusahaan yang menggunakan satelit LEO untuk konektivitasnya. Perusahaan Hughesnet dan OneWeb juga telah bersatu untuk meluncurkan pesaing Starlink. Inmarsat asal Inggris pun telah mengumumkan bahwa perusahaan telah berencana menyatukan jaringan 5G untuk solusi yang lebih global.

Jika rumor ini benar, maka chip X60 sangat mungkin mendukung elemen 5G yang saat ini terdiri dari seluruh campuran teknologi, termasuk gelombang milimeter yang sangat cepat namun terbatas dan C-Band yang lebih luas namun lebih lambat kecepatannya.

Baca juga: Face ID iPhone 13 Bisa Deteksi Pengguna Saat Pakai Masker, Caranya?

Jaringan 5G di satelit LEO dipercaya dapat mendukung konektivitas di beberapa area yang belum diselimuti BTS, seperti wilayah pelosok yang masih berjuang untuk mendapatkan jaringan 4G, bahkan 3G.

Pada intinya, jika iPhone 13 memang menggunakan chip X60 dari Qualcomm, semoga saja tidak rentan terhadap gangguan arboreal. Bisa jadi juga Apple semakin serius dalam mengembangkan sisi konektivitas pada iPhone generasi terbarunya demi pengalaman berinternet lebih luas dan cepat.

VIDEO: Review Redmibook 15, Laptop dari Xiaomi

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id