icon-category Gadget

Apple Lagi-lagi Bawa Fitur Lawas Android ke iPhone

Ilustrasi fitur always on display Android yang akan hadir di iPhone terbaru

Uzone.id - Fitur always on display (AOD) sudah sejak lama hadir di ponsel Android. Jadi fitur yang lawas, Apple justru baru mau memasukkan always on display pada iPhone 14 Pro lewat sistem operasi iOS 16.

Fitur AOD biasanya diusung oleh smartphone Android dengan panel layar AMOLED. Meski begitu, ponsel dengan layar IPS LCD pun dimungkinkan menampilkan AOD melalui aplikasi pihak ketiga yang bisa didapat melalui Google Play Store.

Dengan fitur itu, pengguna tak perlu repot membuka kunci layar untuk melihat notifikasi. Tinggal mengintip layar sejenak untuk melihat pemberitahuan pesan atau email yang masuk.

Baca juga: Kecepatan 5G Indosat di Formula E Jakarta Bisa Tembus 4 Gbps

Fitur jadul di Android itu rupanya bakal ditampilkan sebagai salah satu fitur utama pada pembaruan iOS 16, demikian dikutip dari Bloomberg. Sistem operasi yang akan diumumkan pada event Apple WWDC pada 6 Juni ini bakal digulirkan pertama kali pada iPhone 14 Pro.

Dilaporkan, always on display akan menjadi salah satu fitur unggulan pada iPhone 14 Pro dan Pro Max karena keduanya dibekali dengan layar berjenis LTPO AMOLED.

Seperti Android, fitur AOD di iPhone 14 Pro dan Pro Max yang akan datang bakal menampilkan informasi seperti waktu, tanggal, dan notifikasi yang masuk. 

Belum diketahui, apakah fitur always on display bakal digulirkan untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max saat mendapatkan update iOS 16. Asal tahu saja, keduanya pun menampilkan panel LTPO AMOLED.

Always on display sebenarnya sudah lama dihadirkan Apple pada Apple Watch. Namun entah kenapa, butuh waktu lama bagi Apple untuk membawanya ke iPhone.

Baca juga: Siap-siap! Harga iPhone 14 Bakal Melejit

Berbicara soal iOS 16, sistem operasi ini diharapkan memiliki wallpaper lockscreen yang baru dengan bentuk seperti widget. Suksesor iOS 15 ini juga membawa peningkatan pesan audio di iMessage.

Apple Health juga kabarnya mendapatkan fitur baru yang tersedia di iPhone dan Apple Watch. Selain iOS 16, Apple diprediksi turut memperkenalkan iPad OS, macOS, serta TVOS generasi terbaru di acara yang sama. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini