Startup

Jadi Platform Big Data Lokal, BigBox “Pede” Bersaing dengan Pemain Asing

  • 30 September 2020
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Platform penyedia teknologi big data global semakin bermunculan di Indonesia. Meski demikian, BigBox, penyedia solusi big data yang berbasis di Tanah Air, percaya diri bersaing di tengah kondisi pasar yang kian ramai.

    Kepercayaan diri itu disampaikan Founder & CEO BigBox, Muhammad Sigit Pramudya dalam wawancara khusus dengan Uzone.id, beberapa waktu lalu. Sigit juga mengungkapkan lanskap penyedia solusi big data menghadirkan layanan yang terbagi menjadi tiga segmen.

    “International Data Centre (IDC) memetakannya menjadi hardware, software, dan service. Nah, itu masing-masing kalau secara market segmen ada di angka sekitar 30 persen,” ujar Sigit.

    Baca juga: Pandemi COVID-19 Dorong Implementasi Big Data

    Lebih lanjut, ia menyatakan, “Mayoritas penyedia solusi big data di Indonesia itu mainnya di service. Hanya segelintir yang main di software, apalagi di hardware.”

    BigBox sendiri memposisikan diri dengan layanan utama yang fokus pada software, hardware, dan service. Sementara itu, menurutnya, penyedia solusi big data asing kebanyakan menghadirkan service, meski ada pula yang fokus di software dan hardware.

    “Kalau pemain lokal, ada satu dua yang main di software dan hardware, kebanyakan main di service. Tapi kalau di global, memang semua ada, hanya ketika masuk ke pasar Indonesia, mereka juga pasti berhadapan dengan barrier locality, karena teknologi big data itu sangat localize juga ketika proses implementasinya,” ujar Sigit.

    Baca juga: Implementasi Big Data oleh Perusahaan di Indonesia Masih Hitungan Jari

    Meski ada beberapa pemain global, BigBox tetap percaya diri menyediakan layanan teknologi big data di Indonesia. BigData sendiri telah lahir sejak 2017.

    Untuk mengetahui lebih lanjut soal big data, kalian bisa menyaksikan Uzone Talks episode Big Data Harta Karun Indonesia bersama Founder & CEO BigBox, Muhammad Sigit Pramudya. Acara ini akan dilaksanakan pada Kamis, 01 Oktober 2020 pukul 16.00 WIB di Youtube dan website Uzone.id.

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);