icon-category Digilife

Jakarta Dilanda Polusi Ekstrem, Cek Kualitas Udara Lewat 5 Aplikasi Ini

  • 16 Aug 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Polusi udara di Jakarta makin hari makin tidak baik-baik saja, tak heran kalau saat ini warga DKI Jakarta khawatir dengan kesehatan mereka di tengah aktivitas yang sudah kembali normal.

Selasa kemarin, (15/08) IQAir membagikan indeks kualitas udara di DKI Jakarta pada pukul 7 pagi berada di level AQI 170, menjadikan Jakarta sebagai kota dengan posisi kedua terburuk sedunia setelah Dubai, UEA.

Melihat rekor terbaru ini, beberapa pejabat menyarankan untuk pemberlakukan kembali sistem bekerja dari rumah (work from home) terutama untuk Aparatur Sipil Negara.

Dengan kondisi dan kualitas udara Ibukota Jakarta yang naik-turun dan berada di level yang mengkhawatirkan, tidak ada salahnya untuk jaga-jaga dan tetap update dengan kondisi udara setiap harinya.

Nah, saat ini kalian bisa mengecek kualitas udara di kota dan daerah kalian hanya lewat aplikasi saja. Tak hanya di Jakarta saja, udara di kota lain pun bisa kalian cek lewat aplikasi-aplikasi berikut ini.

Nafas

Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi pengecek kualitas udara asal Indonesia dan telah diunduh di Play Store sebanyak 100 ribu kali dan berada di posisi kedua untuk aplikasi Cuaca di App Store.

Dalam keterangannya, aplikasi ini dirancang untuk membantu mengelola paparan terhadap polusi udara. Ada beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi ini.

Antara lain peta kualitas udara yang di update secara realtime dengan lebih dari 160 sensor di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Ada juga fitur Clean Air Zone untuk mengetahui tempat umum yang sudah tersertifikasi memiliki udara bersih oleh aplikasi Nafas, mulai dari gym, studio yoga, dan salon kecantikan di Jakarta. 

Fitur lainnya yang ada di aplikasi ini adalah lokasi favorit pengguna, rekomendasi aktivitas dan gaya hidup, peringkat kualitas udara, artikel dan blog soal kualitas udara, notifikasi dan peringatan, dan lainnya.

IQAir AirVisual 

Selanjutnya, ada aplikasi IQAir AirVisual yang sudah diunduh lebih dari 5 juta kali di Play Store dan berada di posisi pertama untuk kategori Cuaca di App Store.

Aplikasi cuaca yang dikembangkan oleh IQAir AG ini menyediakan informasi mengenai kondisi udara di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi ini antara lain data kualitas polusi udara yang sudah lewat, realtime dan prediksi ke depan dengan lebih dari 500 ribu lokasi di 100 negara.

Ada juga prediksi cuaca dan udara hingga 7 hari kedepan, peta polusi udara dunia secara 2D dan 3D, rekomendasi kesehatan, informasi cuaca termasuk suhu, kelembapan dan angin, peristiwa kebakaran hutan dan kualitas udara, jumlah serbuk sari hingga rangking kota sesuai kualitas polusi udara.

AQI (Air Quality Index)

Aplikasi cuaca yang satu ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS dengan data lebih dari 10.500+ stasiun pelacakan di seluruh dunia sehingga bisa memberikan data secara real-time.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini antara lain, data kualitas udara secara real time dan historis, data cuaca, cakupan pemantauan terbesar di dunia dengan 10 ribu lebih stasiun, peringkat udara dunia secara langsung, layanan lokasi pintar, rekomendasi kesehatan dan lainnya.

BreezoMeter

Aplikasi pengecek udara ini tersedia di Play Store dengan unduhan mencapai 500 ribu orang. Aplikasi ini sudah dilengkapi dengan update kualitas udara secara realtime mencakup 94 negara.

Beberapa fitur yang tersedia di aplikasi ini adalah peta kualitas udara realtime, notifikasi dan peringatan kebakaran, prediksi cuaca dan rekomendasi aktivitas kesehatan.

Plume Labs: Air Quality App

Aplikasi yang satu ini juga bisa memberikan tingkat polusi secara nyata di wilayah pengguna. Dalam keterangannya, aplikasi ini sudah mencakup kota-kota di seluruh negara dengan prediksi udara hingga 72 jam ke depan.

Beberapa fitur yang tersedia adalah peta kualitas udara, data langsung dan prediksi hingga 3 hari ke depan, hingga tips dan trik untuk menemukan tempat outdoor yang bersih.

Nah itu tadi beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk memeriksa kualitas udara di sekitar setiap saat. Tetap pakai masker dan jangan lupa untuk jaga kesehatan selalu ya, Uzoners!

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini