icon-category Telco

Jaringan Smartfren Gangguan Massal, Ini Penyebabnya

Jaringan Smartfren gangguan massal hingga besok hari (10/11) (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Buat kalian pengguna Smartfren yang mengalami gangguan koneksi, kalian gak sendiri. Menurut Agus Rohmat selaku VP Network Operations Smartfren, memang terjadi gangguan jaringan yang dialami oleh seluruh pengguna Smartfren di Indonesia.

Di sela-sela acara Media Network Drive Test Semarang, Agus menyatakan bahwa saat ini sedang terjadi pemeliharaan jaringan dan sistem billing Smartfren yang terjadi pada hari ini (9/11) pukul 20:00 WIB sampai besok hari (10/11) pukul 06:00 WIB.

Speed agak lemot sekarang karena ada pemeliharaan sistem jaringan. Ada pekerjaan di sistem billing kita, jadi speed-nya bakal berkurang,” katanya, kepada Uzone.id yang ikut serta dalam acara.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Namun pelanggan sudah diberitahu terkait maintenance ini melalui blast SMS, media sosial dan aplikasi,” sambung Agus.

Baca juga: Paket Murah Vidio dan Smartfren, Bisa Nonton Liga Inggris!

Lebih lanjut, Agus menjelaskan kalau layanan selain SMS, telepon dan internet tidak bisa digunakan untuk sementara. Seperti registrasi nomor baru, pembayaran tagihan, proses isi ulang paket data atau pulsa di semua channel layanan, mengakses aplikasi mySF dan situs smartfren.com, menghubungi USSD *123#, hingga menghubungi call center.

Berdasarkan pantauan tim Uzone.id, memang jaringan Smartfren terpantau lemot tidak seperti biasanya. Berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi Speed Test, kecepatan internet Smartfren cenderung turun drastis setelah jam 20:00 WIB.

Baca juga: Tren PHK Masih Mengintai, Smartfren Aman?

Kecepatan download maksimal yang didapatkan sekitar 1 Mbps dengan upload di kisaran 0,32 sampai 1,28 Mbps. Berbeda jauh saat mencoba kecepatan internet Smartfren di siang hari yang mencapai maksimal 59,4 Mbps dengan kecepatan upload 17,1 Mbps.

Adapun tes kecepatan ini dilakukan menggunakan ponsel Poco M5 dengan prosesor MediaTek Helio G99 yang memiliki modem 4G LTE terintegrasi Cat-13. Untuk paket internet yang digunakan adalah Smartfren Unlimited Non Stop.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini