icon-category Digilife

Jelang Kelahiran iOS 16, Adopsi iOS 15 Baru Tembus 90 Persen

Uzone.id - Apple perlu berbangga dengan iOS 15 yang tak lama lagi akan digantikan oleh iOS 16. Berdasarkan data terbaru dari perusahaan analisis Mixpanel, sebagian besar pengguna iPhone yang mendukung iOS 15 sudah menginstal sistem operasi ini pada perangkat mereka, meski pada awalnya mereka tak antusias.

Mixpanel menyebut, adopsi iOS 15 sudah mencapai 90 persen. Adapun data yang didapatkan perusahaan berasal dari pelacakan jumlah kunjungan ke aplikasi dan situs web oleh SDK analisis milik perusahaan, sehingga persentase yang dirilis Mixpanel bukanlah resmi dari Apple.

Dilansir dari phoneArena, terakhir Apple mengungkap adopsi iOS 15 pada awal Januari lalu. Raksasa Cupertino tersebut mengklaim sudah ada 72 persen model iPhone yang diluncurkan selama empat tahun sebelumnya sudah menjalankan iOS 15.

26 persen sisanya masih menjalankan iOS 14 dan 2 persen lainnya tetap menggunakan iOS versi lawas. Raihan ini terbilang pesat, karena pada 10 minggu terakhir adopsi iOS 15 masih tercatat lambat di 10 persen.

Baca juga: Siap-siap! Harga iPhone 14 Bakal Melejit

Penyebab utamanya, update iOS 15 versi awal menyimpan beberapa bug yang mengganggu pengguna iPhone. Masalah itu memberi notifikasi palsu bahwa penyimpanan iPhone sudah hampir penuh. Lalu ada masalah pada audio juga dan bug lainnya yang bergantian mengganggu pengguna.

Hal ini yang membuat sebagian pengguna ogah memperbarui sistem ke iOS 15 sampai Apple memberikan perbaikan yang sempurna.

Memang butuh waktu lama bagi Apple untuk menyempurnakan iOS 15, apalagi perusahaan juga harus tetap mengembangkan iOS 16 yang akan diluncurkan sebentar lagi. Perjuangan tim R&D Apple pun berbuah manis. Adopsi iOS 15 meningkat tajam hingga mencapai 90 persen.

iOS 16 diperkenalkan di Apple WWDC 2022

Dari laporan terbaru Bloomberg, Apple akan merilis sistem operasi iOS 16 di ajang WWDC 2022. Beberapa bocoran fitur mencuat ke permukaan, seperti fitur always on-display bagi perangkat iPhone dengan layar OLED.

Seperti Android, fitur ini menampilkan widget, waktu, dan notifikasi, meski layar dalam kondisi mati. Rumornya, fitur tersebut akan eksklusif dihadirkan Apple untuk iPhone 14 Pro dan Pro max saja. Namun kabar lain menyebut kalau iPhone 13 Pro dan Pro Max pun kebagian fitur serupa.

Baca juga: Apple Bawa Fitur Lawas Android ke iPhone

Selain itu, iOS 16 akan menampilkan widget baru yang mudah disesuaikan oleh pengguna. Juga, akan ada cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi, seperti mengakses notifikasi dan membuka aplikasi.

Apple WWDC 2022 rencananya akan dihelat pada Senin (6/6/2022) pukul 10 pagi waktu pasifik atau hari Selasa (7/6/2022) jam 12.00 WIB. Para Apple Fanboy dapat menyaksikannya secara live streaming via YouTube, situs resmi Apple, maupun melalui aplikasi Apple Developer.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini