home ×
Gadget

Jika Beli Ponsel di Blibli Tidak Punya IMEI Legal, Ini Jaminannya

20 April 2020 By
Jika Beli Ponsel di Blibli Tidak Punya IMEI Legal, Ini Jaminannya
Share
Share
Share

(Ilustrasi foto: Unsplash)

Uzone.id -- Salah satu hal yang disoroti pemerintah setelah mengesahkan aturan IMEI ini adalah mewajibkan para pelaku marketplace agar memiliki jaminan khusus supaya produk HKT (handphone, komputer, tablet) yang dijual legal semua. Bagaimana dengan e-commerce Blibli?

Dijelaskan oleh Christian Ng selaku VP of Handphone Category Blibli Indonesia, perusahaan mendukung penerapan yang diwajibkan oleh pemerintah tersebut, seiring dengan komitmen menghadirkan berbagai produk dengan kualitas tinggi.

Selama ini, Blibli telah bekerja sama dengan berbagai official store untuk memasarkan produk masing-masing. Lantas, bagaimana dengan penjualan yang dilakukan oleh para merchant?

Baca juga: Ada Regulasi IMEI, Beli iPhone SE 2020 di Luar Negeri Bebas Pajak?

“Tim kami telah melakukan sosialisasi mengenai peraturan ini sejak akhir Maret 2020 kepada para seller, agar mereka mendapatkan informasi lengkap dan mengerti sepenuhnya tentang aturan pemerintah. Kami juga akan terus mengingatkan dan memastikan agar produk yang dijual sudah sesuai dengan peraturan,” kata Christian kepada Uzone.id, Senin (20/4).

Dia menyambung, “kami memiliki jaminan retur produk 15 hari, sehingga jika ada konsumen yang membeli produk handset dan menemukan ketidakcocokan IMEI, bisa dikembalikan ke Blibli selama 15 hari setelah barang diterima.”

Diakui Christian, jika hal ini terjadi, maka pihaknya juga akan menghubungi si merchant dan memastikan agar penjualan yang dilakukan hanya produk-produk dengan IMEI terdaftar saja.

Kebijakan retur tersebut bahkan diperpanjang menjadi 30 hari khusus pada situasi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti sekarang.

Baca juga: Aturan IMEI Disahkan, Pemerintah Wajibkan E-commerce Beri Jaminan Ponsel

“Waktu retur produk kami perpanjang menjadi 30 hari pada situasi PSBB saat ini, mengingat adanya batasan-batasan dalam aktivitas sehari-hari,” kata Christian.

Sejauh ini, tantangan yang dihadapi Blibli dalam mewujudkan perintah pemerintah agar memberikan jaminan terhadap penjualan ponsel terletak di proses komunikasi dan edukasi kepada para merchant.

“Kami secara bertahap harus memastikan bahwa merchant mendapatkan informasi lengkap, dan informasi terbaru terkait peraturan pemerintah,” tutupnya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

7 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Tian 123 21 April 2020 | 08:48:36

bagus karena meskipun tidak punya imei legal tapi ada jaminan

Reja Gebot 21 April 2020 | 08:20:55

Bagus sekali,karena ada jaminannya sehingga oembeli tidak perlu khawatir lagi untuk membeli ponsel tersebut

Miskin aman 21 April 2020 | 06:19:01

bagus dah kalau memang ada jaminannya

Pradana 21 April 2020 | 04:20:30

usaha yang baik demi kepuasan konsumen

Shaifulloh' e Sllove 21 April 2020 | 04:01:58

sama aja kyaknya

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id