icon-category Auto

Jokowi Ganti Mercy dengan Mobil Listrik Hyundai Genesis G80

  • 09 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Hyundai Genesis G80 Electrified (Foto: Instagram @jokowi)

    Uzone.id - Hajatan besar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali seolah jadi ajang unjuk gigi kendaraan listrik buatan brand besar, di antaranya ada Wuling EV hingga Hyundai Genesis G80 Electrified .

    Hyundai Genesis G80 Electrified akan digunakan untuk menjamu para tamu KTT G20.

    Namun, sebelum beroperasi di KTT G20, Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi telah membagikan sebuah foto Genesis G80 dengan pelat nomor RI 1.

    Dalam keterangan fotonya, Jokowi mengatakan mobil tersebut digunakan saat kunjungan ke Kawasan Industri Terpadu Batang di Jawa Tengah.

    BACA JUGA: Seperti Apa Wajah Kijang Innova Hybrid yang Dijual di Indonesia?

    "Menuju Kawasan Industri Terpadu Batang dengan mengendarai mobil listrik Genesis dari Hyundai. Suaranya nyaris tidak ada. Mobil listrik Hyundai jenis Genesis G80 akan menjadi mobil resmi KTT G20 di Bali, bulan November nanti." tulis Jokowi.

    Terlihat beberapa Genesis G80 berjalan mengular. Di dalamnya terdapat juga Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

    Hadir pula Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Park Tae-sung, dan Presiden LG Energy Solution Bang Soo Lee.

    Jokowi menggunakan Hyundai Genesis G80 Electrified jadi sebuah kejutan. Pasalnya, selama ini Jokowi menggunakan mobil kepresidenan Mercedes-Benz S600 Guard (V222) buatan Jerman ketika menjalankan tugas kenegaraan.

    Mobil tersebut menggantikan Mercedes-Benz S600 Guard buatan tahun 2008 yang digunakan sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga era Jokowi saat menjabat presiden di periode pertama, 2014-2019. 

    Mercedes-Benz S600 Guard (V222) punya banyak kelebihan seperti tangki bahan bakar bisa menutup lubang secara otomatis akibat tembakan hingga bodi dan kaca jendela anti peluru senapan serbu dan ledakan granat tangan.

    BACA JUGA: Prepp Scooter Club Pecahkan Rekor Muri, Rifat Sungkar Jadi Ketua

    Sedangkan Hyundai Genesis G80 Electrified punya spesifikasi yang canggih, seperti motor listriknya bisa menyemburkan tenaga 272 kW (200 hp) dan torsi 700 Nm yang ditopang baterai 87,2 kWh.

    Mobil listrik ini bisa berakselerasi 0–100 km/jam dalam waktu 4,9 detik. Dalam kondisi baterai penuh, Genesis G80 Eletrified bisa berjalan sejauh 427 km.

    Mobil ini punya sistem penggerak empat roda atau e-AWD. Mobil ini cuma bisa menampung empat penumpang karena jok penumpang belakang menggunakan captain seat sehingga akan terasa sangat nyaman.

    Di Korea Selatan, Genesis G80 Electrified dijual 83,9 juta won atau sekitar Rp 1,1 miliar.

     

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini