icon-category Digilife

JPR Ungkap Peningkatan Penjualan PC Tak Sebanding dengan GPU

  • 10 Mar 2021 WIB
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Tahun 2021 menunjukkan tajamnya kenaikan penjualan pasar PC dunia karena banyak orang yang membutuhkan desktop dan notebook untuk bekerja dan belajar dari rumah. Namun sayang, penjualan PC tidak diikuti dengan kenaikan daya beli GPU atau Graphic Processing Unit.

    Logikanya, jika pengapalan PC meningkat maka GPU juga karena rata-rata CPU yang ada saat ini dibekali langsung dengan GPU. Namun meski banyak orang berharap untuk mendapatkan salah satu kartu grafis terbaik atau CPU terbaik, ketersediaannya sangat terbatas, terutama di paruh kedua tahun ini. Hasil yang mengejutkan adalah, meskipun ada rekor permintaan untuk PC game dan perangkat keras, penjualan GPU khusus tidak terlalu luar biasa pada tahun 2020.

    Baca juga: Samsung Mulai Gulirkan Upgrade One UI 3 (Android 11) di Indonesia

    Hal ini terungkap dari data Jon Peddie Research (JPR). Menurut data JPR, pengiriman GPU terintegrasi dan terpisah pada kuartal keempat naik 20,5 persen kuartal-ke-kuartal, karena beberapa chip terjual jauh sebelum periode tersebut berlangsung.

    Intel merupakan pemasok utama CPU dunia dan itu tidak mempersulit mereka untuk menjadi pemasok GPU PC nomor satu secara global. Pada kuartal 4 tahun 2020, Intel menutupnya dengan pangsa pasar GPU 69 persen. Sedangkan pangsa pasar Nvidia turun 17 persen, sementara AMD turun 15 persen.

    Tidak seperti AMD dan Intel, Nvidia memasok GPU secara terpisah dan jumlah pengiriman unitnya menurun karena kekurangan produk desktop pada kuartal terakhir 2020.

    Baca juga: Vivo X60 Meluncur AKhir Desember 2020, Pakai Chipset Samsung

    Menurut JPR, penjualan unit GPU desktop yang terpisah telah turun sampai 3,9 persen di kuartal keempat. JPR menemukan hanya sekitar 11 juta add-in-boards (AIB) yang terjual sepanjang kuartal tersebut. Namun secara keseluruhan, pengiriman GPU terpisah untuk PC desktop sepanjang 2020 mencapai 41,5 juta unit. Angka ini 3 juta lebih tinggi ketimbang 2019, namun penjualannya di bawah tahun sebelumnya.

    JPR menyebut, pasar AIB mencapai USD14,8 miliar tahun lalu. Ini artinya, rata-rata GPU dibanderol USD360 tahun lalu.

    Menurut riset Gartner, pengapalan PC meningkat 10,7 persen yoy pada kuartal ke-4 tahun 2020 menjadi 79,3 juta unit. Sedangkan per kuartal, penjualan PC meningkat 11,2 persen. Sepanjang tahun, total PC yang terjual mencapai 274,1 juta unit, naik 4,8 persen ketimbang 2019. 

    Tags : JPR gartner GPU CPU Nvidia intel AMD 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini