Gadget

Jual Barang Pakai NFT Bisa Lewat TokoMall Indonesia

  • 20 August 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Indonesia kebagian tren Non-Fungible Token (NFT), cara baru monetisasi karya dan konten di era digital sehingga bisa dikenal lebih luas, sekaligus menghasilkan cuan. Melalui TokoMall yang dibuat oleh Tokocrypto, ini menjadi paltform NFT marketplace pertama di Indonesia.

    Chung Ying Lai, Chief Strategy Officer Tokocrypto menjelaskan bahwa TokoMall menghadirkan konsep digital meets reality. Diharapkan pemanfaatan platform digital dan karya seni dalam bentuk NFT dapat menjadi jawaban atas permasalahan di dunia nyata.

    “Dengan beralih ke NFT dan menjadikannya mainstream, kreator lokal berbakat Indonesia tidak hanya bisa memasarkan karyanya ke pasar yang lebih luas. Tetapi juga memastikan keunikan atau kelangkaan karyanya sebagai nilai lebih yang ditawarkan kepada para kolektor. Selain itu, kreator bisa memastikan keberlangsungan royalti dari tiap NFT yang dipasarkan. Hal ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan hak cipta dan royalti yang biasa dihadapi kreator jika melakukan pemasaran di dunia nyata," ujar Chung Ying Lai, dalam konferensi virtual kemarin.

    Baca juga: Video Receh 59 Detik Ini Laku Rp10 Miliar

    Di sisi kolektor, NFT yang dipasarkan di TokoMall bisa menjadi investasi jangka panjang bagi para kolektor yang dijamin keasliannya dan ada pilihan bagi kolektor untuk menukarkan NFT yang dikoleksi dengan barang atau karya asli dari merchant partner eksklusif TokoMall.

    “Industri kreatif di Indonesia sedang berkembang karena adanya teknologi digital yang mempermudah akses bagi kreator dan kolektor. Tapi dengan blockchain dan NFT, ini bisa menjadi salah satu solusi sebagai perlindungan hak cipta kreator karena karya akan tercatat jelas dan transparan di blockchain. Ini juga bisa menjadi alternatif kreator mendapatkan revenue stream tambahan dan para kolektor juga bisa mengapresiasi kreator dengan mengkoleksi NFT ini,” ujar Faza Meonk, kreator dari Si Juki.

    TokoMall hadir sebagai bagian dari pengembangan utilitas Toko Token (TKO) yang dibangun di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC). TokoMall memiliki beberapa kategorisasi yaitu NFT Exclusive yang berisikan TKO Original, TKO lifestyle, TKO creative, TKO Stars dan lainnya. Dimana tiap lini bekerjasama dengan brand dan kreator lokal Indonesia sebagai merchant partner eksklusif seperti Nevertoolavish, MaximallFootwear, DAMN! I Love Indonesia, Banyan Core, Si Juki, ONIC E-Sports, SoreSore, Mr. Kinur, Karya Karsa, Jakarta Metaverse, dan Museum of Toys. Juga menghadirkan kategori Marketplace, dimana kreator dan kolektor umum bisa langsung mengunggah karya NFT mereka.

    Baca juga: Akibat NFT, Kentut Aja Dijual Rp 1,2 Juta

    Terkait peranan TKO pada TokoMall, Ying menjelaskan bahwa TKO akan menjadi tulang punggung dalam seluruh aktivitas pada platform TokoMall.

    "Para kreator dapat melakukan minting dan menawarkan karya yang dimiliki, sementara kolektor bisa mendapatkan NFT tersebut dengan menukarkan TKO sesuai nilai yang tercantum dalam tiap karya.” kata Ying.

    Selain fokus pada peluncuran platform, TokoMall juga akan menghadirkan inisiatif “Miss Crypto Indonesia”, sebuah campaign dari TokoMall yang menawarkan berbagai NFT merchandise dari TKO Angels dalam bentuk postcard, video, dan lainnya. Keseluruhan dana yang terkumpul dari kolektor di campaign ini akan didonasikan melalui TokoCare, CSR program dari Tokocrypto, yang akan bekerjasama dengan Wecare.id.