Telco

Kabel Laut Indihome Telkom Selesai Diperbaiki, Lebih Cepat dari Target

  • 05 October 2021
  • Bagikan :

    Foto: Dok. Telkom

    Uzone.id - Telkom mengklaim telah berhasil memperbaiki kabel laut yang sempat bermasalah beberapa waktu lalu. Kelarnya perbaikan Sistem komunikasi kabel laut Jawa-Sumatera-Kalimantan (SKKL JaSuKa) lebih cepat dari target awal.

    Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono, dalam keterangan resminya, Selasa, 5 Oktober 2021, mengatakan jika SKKL JaSuKa telah pulih dan kembali beroperasi normal seperti sedia kala. Perbaikan selesai tepat di hari Senin, 4 Oktober 2021, pukul 05.30 WIB.

    Sehari sebelumnya, kata dia, penyambungan kabel yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak tersebut juga telah selesai dilakukan, lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan semula yakni selama sebulan.

    Baca juga: 6 Jam Tumbang, Segini Kerugian Facebook

    “Alhamdulillah saat ini kabel laut Jasuka sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali pengalaman digital terbaik dari beragam layanan TelkomGroup. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah membantu proses penyambungan kabel laut tersebut. Terima kasih juga kami sampaikan kepada pelanggan yang terus percaya dan setia menggunakan layanan TelkomGroup.” ujar Pujo.

    Pujo menambahkan, Telkom akan terus melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap prima. Pasalnya, kenyamanan pelanggan merupakan prioritas Telkom sehingga mereka akan terus memastikan keandalan kualitas infrastruktur, jaringan dan layanan.

    "Diharapkan layanan TelkomGroup ini dapat mendukung beragam kebutuhan pelanggan yang sarat akan teknologi digital karena kami meyakini dengan adanya digitalisasi di berbagai sisi dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi," ujar Pujo.

    Baca juga: Twitter Jadi 'Tempat Sampah' Netizen di Kala WhatsApp dkk Tumbang

    Diketahui sebelumnya, beberapa waktu lalu, warganet di sosial media ramai-ramai mempertanyakan layanan Telkomsel dan Indihome yang tidak bisa diakses. Bahkan, keduanya masuk jajaran trending topic Indonesia di Twitter.

    Menanggapi hal tersebut, Telkom Group melaporkan bahwa gangguan ini terjadi pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera, Kalimantan) ruas Batam-Pontianak. Perusahaan menjanjikan perbaikan kabel laut sampai satu bulan lamanya, tepatnya minggu kedua Oktober 2021. Namun kini telah selesai diperbaiki.