icon-category Gadget

Kapan Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal ke ‘Layar Berponi’ iPhone?

Uzone.id - iPhone 15 padahal belum diluncurkan, tapi bocoran terkait iPhone 16 Series mulai beredar di jagat maya. Kabarnya, iPhone 16 Pro sebagai tipe tertinggi yang meluncur tahun depan akan mengusung teknologi Face ID yang ditanamkan di bawah layar.

Dilaporkan The Elec, Apple akan menaruh sensor TrueDepth untuk Face ID di bawah layar iPhone 16 Pro Series. Hal ini memungkinkan Apple untuk secara signifikan memperkecil ukuran Dynamic Island atau lubang kamera di iPhone 16 Pro, sekaligus memperluas area layarnya.

Kabarnya, sensor TrueDepth ini akan muncul saat pengguna hendak membuka kunci atau mengakses fitur lainnya yang memerlukan kredensial Face ID. Namun saat tidak digunakan, kamera keamanan tersebut tidak akan terlihat dan seakan menyatu dengan panel layar iPhone 16 Pro.

Baca juga: Bye Bye iPhone Murah!

Ya, laporan dari The Elec tetap menegaskan bahwa Dynamic Island di iPhone 16 Pro yang hadir pada 2024 mendatang tetap ada, lantaran hanya Face ID saja yang ditempatkan di bawah layar. Hanya saja, ukurannya bakal diperkecil sehingga tak terlalu mengganggu pandangan pengguna.

Kendati begitu, tak menutup kemungkinan bahwa ke depannya Apple benar-benar akan menerapkan teknologi under display camera pada iPhone masa depan, mungkin setelah lini iPhone 16 Pro.

Peningkatan tersebut berpotensi menghilangkan desain notch, punch hole atau mungkin Dynamic Island di layar iPhone generasi berikutnya. 

Laporan media asal Korea Selatan tersebut sesuai dengan prediksi roadmap yang diungkap analis DSCC, Ross Young pada Mei tahun lalu. Mengutip dari Macrumors, ia meramal kalau iPhone 16 masih mengusung desain Dynamic Island yang sama seperti iPhone 14 dan iPhone 15 Series.

Tapi khusus iPhone 16 Pro, ponsel ini sudah menerapkan lubang kamera yang lebih kecil dengan Face ID yang disematkan di bawah layar. Sementara untuk desain fullscreen tanpa gangguan, bakal terjadi di iPhone 18 Pro yang rilis di tahun 2026.

Baca juga: Upgradenya Banyak, iPhone 15 Lebih Worth it Buat Dibeli?

Sebenarnya, teknologi UDC atau under display camera sudah bukan barang baru. Ponsel Android seperti Samsung Galaxy Z Fold4 dan ZTE Axon 40 Ultra telah menerapkan teknologi tersebut, meski kualitas kamera selfie-nya cenderung masih rendah dibanding kamera selfie pada umumnya.

Wajar bagi Apple untuk tidak memaksakan kehadiran teknologi ini dan lebih memilih menundanya hingga beberapa tahun ke depan, sampai akhirnya benar-benar memberikan hasil yang maksimal.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini