Kenapa Zoom Lebih Popular Ketimbang Hangouts atau Skype? - Uzone
home ×
Telco

Kenapa Zoom Lebih Popular Ketimbang Hangouts atau Skype?

31 March 2020 By
Kenapa Zoom Lebih Popular Ketimbang Hangouts atau Skype?
Share
Share
Share

 

 

Uzone.id - Work from home dan learn from home telah diberlakukan selama 2 minggu kemarin dan diperpanjang sampai 2 atau tiga minggu ke depan. Usai imbauan tersebut, pamor platform video conference makin meluas.

Zoom, Google Hangout dan Skype serta Webex diklaim banyak digunakan oleh para pekerja atau pelajar, baik yang ingin melakukan rapat maupun sekedar belajar kelompok. Namun dari sekian banyak platform konferensi online, Zoom memang lebih banyak disebut.

Sebuah penelitian menyebutkan jika Zoom memiliki konsumsi bandwidth yang rendah ketimbang para pesaingnya. Jika koneksi internetnya stabil, Zoom akan bekerja dengan lancar tanpa lag sekalipun.

Baca juga: Gojek Juga Berlakukan GoFood Tanpa Bertemu Driver, Ini Caranya

Dikatakan pihak operator 3 Indonesia, setiap layanan telekonferensi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan. Oleh karena itu, untuk membantu memilih aplikasi, 3 Indonesia mencoba melakukan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi tersebut.

"Empat layanan telekonferensi populer ini paling banyak digunakan di jaringan 3 serta dapat diakses secara gratis di Indonesia. Dibandingkan dua minggu sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video ini meningkat hingga 693 persen, khususnya pada jam kerja," kata Chief Technical Officer 3 Indonesia, Desmond Chung, dalam keterangannya, Selasa, 31 Maret 2020.

Dalam grafik yang ditunjukkan, 3 Indonesia menemukan jika konsumsi bandwidth Zoom hanya 700kbps, sedangkan yang paling tinggi adalah Webex dengan konsumsi 1,7Mbps atau sekitar 1700kbps.

Baca juga: Aplikasi Khusus Covid-19 Buatan WHO

Sedangkan Skype milik Microsoft konsumsi bandwidth-nya sebesar 977kbps dan Google Hangouts sekitar 1100kbps.

"Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi. Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan," ujar Desmond.

Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, 3 Indonesia juga memiliki rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00, yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi untuk menunjang aktivitas work from home maupun school from home tanpa khawatir kehabisan kuotaDengan AlwaysOn Unlimited, pelanggan bisa bebas mengakses semua aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

5 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 16 April 2020 | 10:23:23

kemungkinan sekolah dapet rekomendasi oleh orang laen. jadinya skype dan hangouts kurang di perhatikan

DHStyle 14 April 2020 | 11:08:00

saya aja ga tau zoom itu apa. kurang terkenal tapi di pake semua org

Alex Aprilio 04 April 2020 | 22:34:52

mungkin pihak zoom bisa menarik para pengguna nya

Miskin aman 04 April 2020 | 19:05:53

masih belum tau juga untuk aplikasi zoom karna belum pernah coba pakai

Muhammad rifal Wahyudi 31 March 2020 | 22:28:32

cukup menarik menurut saya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article