home ×
Telco

Kerja dari Rumah, Trafik Data Telkomsel Naik 5 Persen

19 March 2020 By
Kerja dari Rumah, Trafik Data Telkomsel Naik 5 Persen
Uzone

 

Uzone.id - Usai diimbau untuk kerja dari rumah atau work from home dan learn from home, jaringan data milik operator dipastikan mengalami kenaikan. Benar saja. Untuk Telkomsel, layanan komunikasi data mereka diklaim mengalami kenaikan sebesar 5 persen dibanding periode sebelumnya.

Diklaim Telkomsel, usai memberikan gratis kuota data untuk akses belajar online, payload layanan sistem belajar tersebut mencapai 236 persen. Diketahui, selain Ruangguru, Telkomsel juga menggratiskan akses ke Quipper, Zenius, dan beberapa aplikasi e-learning lainnya.

Dikatakan Vice Presiden  Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, Telkomsel telah menyiagakan jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik layanan seiring tingginya potensi penggunaan layanan data oleh masyarakat di sejumlah wilayah sebagai dampak diberlakukannya kebijakan bekerja dan belajar dari rumah oleh sejumlah perusahaan dan sekolah.

Baca juga: Jajal Akses Ruangguru Pakai Paket Gratisan Telkomsel

"Pengamanan jaringan terutama difokuskan di wilayah residensial dan juga titik posko penanggulangan COVID-19 seperti rumah sakit dan kantor pemerintahan terkait. Sejak diberlakukannya himbauan belajar dan bekerja dari rumah oleh Pemerintah RI, Telkomsel mencatat terjadi lonjakan trafik komunikasi payload layanan berbasis data dan digital," kata pria yang biasa dipanggil Abe itu, dalam keterangannya, Kamis, 19 Maret 2020.

Dijelaskannya, komunikasi pesan instan naik sebesar 19 persen, games online sebesar 13 persen dan layanan digital berbasis cloud storage yang umumnya juga digunakan sebagai penunjang sistem layanan aplikasi bekerja secara daring, yang meningkat hingga 10,4 persen.

Sedangkan trafik payload lainnya yang meningkat antara lain pemanfaatan layanan content provider (8,2 persen), digital advertising (7,5 persen), video streaming (7.3 persen), dan browsing (5,2 persen).

Baca juga: Kerja di Rumah di Tengah Corona, Bisa Manfaatkan 4 Layanan Digital Telkom Ini

Sedangkan, untuk wilayah operasional Telkomsel yang mengkontribusi kenaikan payload secara keseluruhan terbesar yaitu Regional Jawa Barat (7,9 persen), Jawa Tengah (6,9 persen), Jawa Timur (5 persen), Sumatera Bagian Tengah (4,7 persen) dan Sumatera Bagian Selatan (4.2 persen).

Untuk membantu siswa bisa #TerusBelajar dengan efektif dari rumah, Telkomsel menyediakan dua pilihan paket data yang bisa dimanfaatkan untuk bebas akses ke berbagai aplikasi pembelajaran daring (e-learning), yakni “Bebas Akses Ruangguru 30GB” dan “Bebas Akses Ilmupedia 30GB”. Kedua pilihan paket ini berlaku untuk pemakaian selama 30 hari dengan kuota 30GB, masing-masing untuk akses aplikasi Ruangguru dan aplikasi-aplikasi yang tergabung dalam paket Ilmupedia, yakni Quipper, Zenius, Cakap, Bahaso, dan Sekolahmu. Dalam waktu dekat ini Telkomsel juga sedang proses berkolaborasi dengan sekitar 122 Perguruan Tinggi di Indonesia yang memiliki akses situs e-learning.

Dengan semangat yang sama, untuk melayani kebutuhan karyawan profesional agar bisa #TerusProduktif bekerja secara agile dari rumah, Telkomsel menyediakan solusi komunikasi terintegrasi berbasis cloud bernama CloudX yang memberikan bebas biaya berlangganan CloudX Meeting selama satu bulan serta bebas kuota data untuk mengakses layanan CloudX Meeting sebesar 60GB khusus untuk host meeting dan 30GB untuk peserta meeting.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 22 March 2020 | 10:02:43

semoga bisa lebih naik lagi kedepannya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article