home ×
Health

Kiat Merawat Sepatu Saat Musim Hujan

01 November 2018 By
Kiat Merawat Sepatu Saat Musim Hujan
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Musim hujan sudah tiba di sebagian besar wilayah Indonesia, khususnya Jakarta. Kadang musim hujan menjadi tantang tersendiri, terutama bagi kamu yang beraktivitas di luar rumah. Sepatu yang dikenakan sehari-hari bisa seketika kotor dan basah saat hujan.

Meski demikian, ada beberapa kiat yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kebersihan dan ketahanan sepatu dari hujan. Mengutip pernyataan Pressto Laundry Indonesia, pertama-tama, kamu perlu membersihkan sepatu langsung setelah pemakaian.

Baca: 5 Makanan yang Bisa Mengurangi Stres, Mulai dari Okra Sampai Salmon

“Apabila kamu adalah pencinta sepatu putih, musim hujan akan menjadi momok tersendiri karena noda sudah pasti akan terlihat jelas,” tutur Regiana Widjaja, pemilik Pressto Laundry Indonesia.

Regina menyarankan, hal pertama yang harus dilakukan begitu sampai rumah, yaitu membersihkan noda pada sepatu. Noda yang ssemakin kering akan semakin sulit dibersihkan.

Baca: Mengenal Hipoglikemia, Kondisi yang Bisa Membahayakan Pasien Diabetes

Setelah itu, kamu perlu segera mengeringkan sepatu. Sayangnya, panas matahari merupakan hal langka saat musim hujan, sehingga proses penjemuran bisa memakan waktu lama.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memasukkan koran ke sepatu guna menyerap air, dan mengeringkan bagian dalam dengan lebih optimal. Setelah itu, letakkan di depan kipas angin untuk mempercepat proses pengeringan.

Baca: Ini Bahaya yang Mengintai Bila Kamu Sering Mengupil

Pastikan seluruh bagian sepatu kering. “Jika pengeringan tidak optimal, bakteri dan jamur akan tumbuh dan akan menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu. Jangan pula menyimpan sepatu sebelum benar-benar kering,” kata Regina.

Terakhir, kamu mungkin bisa memberikan proteksi lebih pada sepatu dengan cairan anti air. Ingat, menjaga kebersihan sepatu saat musim hujan merupakan hal penting. Bukan hanya untuk penampilan, melainkan kesehatan kaki kamu.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id