home ×
Digilife

Kirim dan Terima Uang Melalui WhatsApp Sudah Bisa Digunakan

16 June 2020 By
Kirim dan Terima Uang Melalui WhatsApp Sudah Bisa Digunakan
Share
Share
Share

WhatsApp (Foto: Unsplash)

Uzone.id - Facebook akhirnya menambahkan fitur yang memungkinkan WhatsApp menjadi alat pembayaran berbasis digital. Sebagai permulaan, kirim dan terima uang bisa dilakukan oleh pengguna di Brazil.

Melalui layanan pembayaran Facebook Pay, diharapkan Usaha Kecil dan Menengah, dapat mengirim dan menerima uang hingga 20 kali sehari.

Seperti dikutip Uzone.id dari ZDnet, Selasa (16/6), pengguna WhatsApp di Brazil dapat melakukan transaksi yang dibatasi pada 1.000 Real Brazil atau setara Rp 2,7 juta sehari dan 5.000 Real Brazil atau setara Rp 13,5 juta sebulan.

Untuk menggunakannya, pengguna harus membuat akun untuk bertransaksi melalui aplikasi perpesanan, memberikan informasi pribadi seperti nama dan nomor jaminan sosial, yang akan ditautkan ke kartu debit, kartu Visa atau Mastercard dari bank lokal Sicredi, Banco do Brasil atau Nubank.

Baca juga: Facebook Taruh Duit di Gojek

PIN atau sidik jari enam digit akan diperlukan untuk menyelesaikan transaksi.

Meskipun perusahaan lain akan dapat bergabung dengan platform untuk menyediakan klien mereka dengan kemampuan untuk bertransaksi melalui WhatsApp di masa depan. Transaksi tersebut saat ini disediakan  oleh platform  pembayaran Cielo.

Foto: Dok Facebook



Usaha kecil dan menengah perlu membuat akun Cielo menggunakan aplikasi WhatsApp Business, yang diperkenalkan pada Januari 2018 di Brazl, untuk menerima pembayaran dari pelanggan.

Sementara masing-masing pengguna dapat menggunakan fungsi secara gratis, sementara akun WhatsApp bisnis yang akan dikenakan biaya pemrosesan 3,99 persen per transaksi dan akan dapat memberikan pengembalian uang dan mendapatkan dukungan teknis.

Baca juga: Satu Akun WhatsApp Bisa Digunakan Empat Bersamaan?

Alasan Facebook untuk memilih Brazil, karena negara Amerika Latin ini merupakan pasar terbesar kedua bagi WhatsApp setelah India dengan 120 juta pengguna bulanan.

Selain itu Facebook mengklaim adalah untuk mendukung digitalisasi perusahaan kecil di negara ini.

Peluncuran Dompet Digital di WhatsApp ini  beriringan dengan wabah Covid-19 yang telah  mengubah perilaku dalam hal membayar barang dan jasa di negara tersebut.

Penelitian memperlihatkan 56 persen dari warga Brazil yang disurvei mengatakan mereka telah mengubah perilaku pembayaran berbasis digital mereka karena pandemi. Apalagi cashless salah satu rekomendasi social distancing di tengah wabah ini.







Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Hansen Austin 16 June 2020 | 11:49:54

wau sangat bagus apk ini

oki puntoro 16 June 2020 | 08:09:29

gimana caranya transfer uang itu yah

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id