icon-category Digilife

Kirim Gambar dan Video di WhatsApp Bisa Langsung Hilang, Apa Kabar Screenshot?

Foto: Marcos Paulo Prado/Unsplash

Uzone.id --WhatsApp telah menghadirkan beberapa fitur baru pada aplikasi beta mereka untuk iOS. Salah satu yang menjadi sorotan adalah fitur View Once yang telah diluncurkan WhatsApp Beta untuk iOS versi 2.21.140.9.

Fitur ini mirip dengan salah satu fitur pada Snapchat, di mana pengguna bisa mengirim pesan, video atau foto yang akan hilang ketika sudah dilihat penerima. Fitur View Once ini hadir untuk mendukung kendali privasi para pengguna.

“Demi mendapatkan kendali privasi lebih banyak, foto atau video kalian akan hilang dari chat setelah si penerima membukanya sekali,” tulis pihak WhatsApp, mengutip Gizmodo.

Ia melanjutkan, “ingat, orang-orang bisa selalu mengandalkan screenshot.”

Baca juga: 3 Fitur Seru WhatsApp, dari Pin Obrolan Sampai Bikin GIF

Yup, WhatsApp tetap menunjukan sikap realistisnya mengenai fitur screenshot yang dapat dimanfaatkan orang lain ketika membuka foto atau video yang dikirimkan oleh lawan bicaranya.

Kabarnya, WhatsApp pun tidak akan memberikan notifikasi ke pengguna jika lawan bicaranya mengambil screenshot dari konten tersebut, karena menurut perusahaan apabila ada laporan seperti itu malah memberikan fungsi keamanan yang keliru kepada pengguna.

Dengan kata lain, WhatsApp menganggap mustahil jika sampai layanannya memberikan akses blokir pengguna hanya karena ia melakukan screenshot.

Tak hanya fitur View Once, WhatsApp juga membawa fitur notifikasi baru pada aplikasi iOS nya. Dengan fitur notifikasi ini, pengguna bisa melihat lebih detail pesan yang mereka terima, baik itu stiker, GIF, video, atau gambar.

Baca juga: WhatsApp Bisa Dipakai di Banyak Perangkat Sekaligus

Dengan notifikasi ini, pengguna juga dapat melihat lebih banyak pesan dari yang lama hingga yang baru, memberikan akses untuk leluasa ‘mengintip’ aplikasi tanpa membukanya. Jadi, akan sangat mudah untuk menyaring pesan dan membalas pesan lewat preview mini.

CEO WhatsApp Will Cathcart dan CEO Facebook Mark Zuckerberg telah mengkonfirmasi mengenai fitur ini, jadi tampaknya tak lama lagi View Once akan dirilis secara publik sekitar satu atau dua bulan mendatang.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini