home ×
Digilife

Kisah YouTuber Chandra Liow Bertaruh Nyawa Lawan Covid-19

11 September 2021 By
Kisah YouTuber Chandra Liow Bertaruh Nyawa Lawan Covid-19
Share
Share
Share
Share

Foto: dok. Instagram @chandraliow

Uzone.id -- YouTuber Chandra Liow vakum dua bulan dari media sosial sejak dinyatakan positif Covid-19 sejak 29 Juni 2021. Ia kemudian kembali lagi ke ranah digital hari ini, Sabtu (11/9) dengan kisah yang mengharukan.

Chandra Liow mengunggah beberapa video dan foto di dalam feed Instagramnya. Video singkat itu menunjukan kondisinya saat berada di rumah sakit. Dari apa yang ia kisahkan di kolom caption, ia masuk ke IGD rumah sakit pada tanggal 9 Juli 2021.

Badai sitokin, hati infected, jantung infected. Ada pengentalan darah (D-Dimer 1500), paru-paru infected sudah buram, nyawa sudah kritis, dan dokter pun juga sudah keluar kata-kata ‘harus ikhlas ya’,” tulisnya.

Baca juga: Netizen Lebih Rajin Nontonin TikTok Dibanding YouTube

Dari kisah pilunya itu, ia juga membeberkan bahwa sang ibu juga turut terjangkit Covid-19, namun gejalanya ringan.

Gue minta Tuhan: ‘Tuhan, kalo lo mau ambil nyawa gue, ambil tapi gue minta nyokap gue sembuh 100%,” sambungnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tim2one - Chandraliow (@chandraliow)

Kondisinya yang tak kunjung membaik kala itu membuatnya masih harus menetap di IGD selama enam hari. Situasi di sekitarnya selalu ada yang meninggal setiap hari, sedangkan dirinya hanya bisa berpikir bahwa ia sedang menunggu giliran itu.

Tapi apa yang gue minta ternyata bukan Rencana-Nya. Akhirnya gue dapat pengobatan dan lanjut rawat inap dengan estimasi dua bulan di rumah sakit. 2 bulan? Tangan Tuhan belum selesai bekerja dan ternyata 3 minggu sudah boleh pulang rawat jalan. Di hari terakhir untuk pertama kalinya melihat refleksi sendiri di kaca kamar mandi rumah sakit dan bisikan dari mulut gue: ‘I survive?’ Nangis,” ungkap Chandra Liow.

Baca juga: YouTube Music Punya 50 Juta Pelanggan, Spotify Ketar-ketir

Konten kreator ini kemudian melanjutkan pemulihan di rumah dan ia memutuskan untuk memutus komunikasi untuk sementara. Ia melakukan detox media sosial sembari menjalani fisioterapi, mengonsumsi vitamin, suplemen, hingga berjemur setiap hari.

Dan hasil dokter di 2 September: bercak sudah tidak ada. I escape Death. I am a survivor. I am blessed. Ini semua adalah foto dan video recap journey gue selama 2 bulan fighting covid dari tanggal 29 Juni sampai 2 September. P.s JAGA KESEHATAN LO,” tutup Chandra Liow.

Sejak tulisan ini diterbitkan, postingannya itu langsung mendulang lebih dari 234 ribu likes dan ribuan komentar dari netizen dan sesama kreator konten Indonesia.

Isinya mayoritas memberinya semangat dan menyambut hangat kehadirannya kembali di jagat maya.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id