icon-category Auto

Konektivitas Canggih Honda Accord RS, Bagaimana Keamanan Datanya?

  • 08 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Honda Accord generasi terbaru tidak hanya tampil lebih sporty, tapi juga canggih. Untuk pertama kalinya All New Honda Accord RS e:HEV dilengkapi Google built-in. Apa ini?

Google Built-in pada Accord ini sudah menyatu dengan 12.3 inci Display Audio, fitur yang dapat menggunakan perintah suara dalam mengakses berbagai kebutuhan serta informasi.

Dalam fitur ini terdapat Asisten Google yang memungkinkan pengguna menggunakan perintah suara untuk meminta bantuan Google Asisten untuk meminta navigasi, menyalakan musik, bahkan sampai mengontrol suhu A/C.

Juga tentunya sudah tersedia Google Maps membantu pengguna untuk mencari lokasi tertentu dengan rute tercepat dan akan terus diarahkan sesuai dengan pembaruan lalu lintas.

Melalui Google Play, pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi favorit pada Display Audio di All New Honda Accord RS e:HEV.

Kemudian, All New Honda Accord RS e:HEV telah dilengkapi dengan Honda CONNECT with Digital Key, dimana dengan teknologi ini pengguna dapat menghubungkan mobilnya dengan smartphone untuk mengontrol dan mengakses berbagai fungsi serta informasi penting yang berhubungan dengan mobilnya.

Honda CONNECT menawarkan teknologi konektivitas canggih dengan tiga nilai yaitu kemudahan, keselamatan serta keamanan sehingga dapat melayani pengguna dalam mengakses berbagai fitur unggulan.

Pada nilai kemudahan (Convenience) terdapat fitur terbaru dan pertama kalinya di Indonesia, terdapat fitur Digital Key yang disematkan pada All New Honda Accord.

Fitur ini dapat diakses melalui aplikasi Honda CONNECT dimana fitur ini juga dapat menggantikan fungsi Smart Key untuk membuka dan mengunci pintu, memberikan notifikasi jika pengemudi lupa menutup pintu dan jendela bahkan mengoperasikan mobil melalui aplikasi Honda CONNECT.

alt-img

Selanjutnya terdapat pula fitur Car Status untuk mengakses berbagai informasi secara aktual tentang kondisi kendaraan seperti status pintu bagasi dan kap mesin terkunci atau tidak terkunci, jendela tertutup atau terbuka, lampu depan, status baterai hingga status airbag.

Terdapat pula fitur Remote Vehicle Control yang memungkinkan pengguna mengontrol fungsi kendaraan melalui smartphone dimana pengguna dapat mengunci dan membuka kunci pintu.

Juga menyalakan mesin dan A/C hingga mengontrol mobil untuk memberikan respon berupa lampu yang berkedip dan klakson pada saat pengguna mencari posisi mobil dan menutup jendela (pada saat Digital Key terhubung).

Selanjutnya dalam nilai keselamatan (Safety), terdapat fitur baru Light Collision Detection yang mengirim notifikasi secara otomatis ke Honda Customer Care dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan ringan.

Kemudian terdapat juga fitur Automatic Collision Detection yang bekerja untuk mengirim notifikasi secara otomatis ke layanan darurat Honda Customer Care dan smartphone pengguna pada saat kecelakaan yang menyebabkan airbag depan mengembang.

Lalu terdapat fitur Security Alarm yang aktif apabila kendaraan pengguna mengalami gangguan yang menyebabkan alarm kendaraan menyala seperti membuka pintu mobil secara paksa.

Fitur ini akan bekerja untuk memberikan notifikasi tentang kondisi dari kendaraan ke smartphone pengguna. Terdapat pula fitur canggih Speed Alert yang dimana pengguna mendapat notifikasi ke smartphone saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan.

Selanjutnya untuk keamanan, terdapat fitur terbaru Remote Immobilizer yang berfungsi untuk melacak posisi kendaraan dan menonaktifkan fungsi mesin agar tidak dapat dinyalakan lagi dari jarak jauh ketika kendaraan tercuri/dibawa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Lalu pada Security juga terdapat berbagai fitur yang meningkatkan rasa aman pengguna terhadap kendaraannya. Fitur Find My Car mempermudah pengguna untuk menemukan posisi kendaraan terkini maupun sedang terparkir.

Selanjutnya pada fitur Geofence yang akan memberi notifikasi apabila kendaraan melaju keluar atau masuk dari radius dan lokasi yang sudah ditentukan.

Setelah itu fitur Emergency Call yang dapat digunakan oleh pengguna untuk menghubungi Dealer atau Honda Customer Care dan Experience Honda disaat keadaan darurat, sehingga Call Center Honda dapat memanggil bantuan terdekat sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Dari kesemua fitur canggih tersebut, apalagi sudah terkoneksi dengan internet, muncul pertanyaan, bagaimana dengan keamanan datanya, mengingat di Indonesia soal keamanan data kmasih sangat rentan.

Product Planning Manager PT Honda Prospect Motor Ferdianto Budiono, mengatakan penggunaan Google Built-in pada New Accord RS e:HEV dipastikan telah sesuai dengan standar keamanan digital.

Untuk Google Built-in sendiri Honda sudah mengikuti standar keamanan yang ada. Lalu untuk Honda Connect kalau dari perlindungan data customer pun sudah melakukan proteksi yang maksimal.

"Contoh untuk Honda Connect untuk bisa membuka harus memasukkan password dan hanya bisa dimiliki pemilik handphone. Saat kita login Honda Connect di satu device dan kita login di device lain, itu yang sebelumnya akan keluar sendiri," jelas Ferdianto saat peluncuran di Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini