icon-category Gadget

Laptop Tertipis Sedunia, Acer Swift Edge Masuk Indonesia

Uzone.id - Biasanya, laptop dengan ukuran layar 16 inci mempunyai dimensi bongsor dengan bobot yang bikin gak nyaman dibawa kemana-mana. Tapi beda dengan Acer Swift Edge, ukuran layarnya memang 16 inci tapi diklaim sebagai laptop teringan dan tertipis di dunia.

"Acer Swift Edge adalah laptop 16 inci teringan dan tertipis di dunia," klaim Herbert Ang, President Director Acer Indonesia, dalam acara bertajuk "I Go with Swift" di Jakarta, Rabu (12/10).

Bobot dari laptop ini cuma 1,17 kg saja, dengan ketebalan 12,96 mm. Sama sekali gak terasa berat ketika mengangkatnya dengan satu tangan saja.

Saking ringannya, malah sasis Swift Edge terasa seperti laptop mainan yang dikemas dengan material plastik murahan. Namun Herbert menyatakan, Acer Swift Edge dibuat menggunakan material magnesium alloy yang dua kali lipat lebih tangguh dari material biasa lainnya.

Laptop ini juga sudah teruji build quality-nya lewat serangkaian tes ketahanan berdasarkan simulasi pemakaian pengguna sehari-hari.

Baca juga: Review: Acer Aspire Vero NatGeo, Laptop Daur Ulang yang Pas Buat Kerja

"Soal ketahanan, semua produk Acer sudah diuji ketahanan berdasarkan penggunaan sehari-hari, jadi tidak perlu diragukan dalam sisi ketahanan," katanya.

Kendati begitu, laptop ini tetap tak setangguh yang dibayangkan. Herbert mewanti-wanti, laptop ini cuma andal untuk pemakaian sehari-hari, bukan untuk heavy duty.

Laptop layar OLED pertama Acer

Akhirnya, Acer merilis juga laptop dengan layar OLED. Acer Swift Edge jadi laptop pertama dari perusahaan asal Taiwan ini yang mengusung panel OLED yang lebih canggih dari IPS LCD.

Layar OLED berukuran 16 inci ini punya resolusi maksimal hingga 4K (3.840 x 2.400 piksel) dengan dukungan color gamut 100% DCI-P3 yang menjamin warna akurat, kecerahan maksimal mencapai 500 nits dan response time kurang dari 0,2 ms. 

Laptop ini juga memiliki bezel yang tipis dengan rasio screen to body ratio hingga 92 persen. Ditambah, didapatkannya sertifikasi layar VESA Display HDR True Black 500, serta TÜV Rheinland Eyesafe untuk pengalaman menikmati hiburan yang lebih lama dan nyaman.

Baca juga: Harga Acer Swift 3 OLED, Sudah Intel Core 12th Gen dan Layar OLED

Ditenagai AMD Ryzen 6000 Series 

Meski dimensinya ringkas, namun laptop ini disematkan dapur pacu kelas atas. Prosesor AMD Ryzen 6000 Series digunakan untuk menopang kinerja dari Acer Swift Edge.

Ada dua tipe prosesor, AMD Ryzen 5 6600U dan Ryzen 7 6800U. Disandingkan dengan RAM 16 GB berjenis LPDDR5 dan penyimpanan internet hingga 1 TB berjenis SSD NVMe Gen 4.

"Prosesor yang biasa di laptop gaming, sekarang malah dimasukkan ke dalam laptop mainstream melalui produk Swift Edge. Produk ini ringan tapi bertenaga, seolah-olah menggunakan laptop gaming," imbuh Herbert.

Di dalam bodinya yang ramping, dibekali juga baterai dengan kapasitas yang lumayan besar. Baterai berkapasitas 54 Wh ini diklaim dapat bertahan lebih dari 10 jam untuk pemakaian normal.

Baca juga: Review Benchmark Asus ROG Phone 6: Skornya 'Maxed out'!

Acer Swift Edge menawarkan konektivitas Wi-Fi 6E untuk koneksi nirkabel berkecepatan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagi file dengan cepat, dan pengalaman streaming 4K yang lancar. 

Acer juga menyediakan beragam port penting seperti HDMI 2.1, dua port USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan kemampuan pengisian cepat, dua port USB Type-A, dan jack audio 3,5mm.

Harga dan ketersediaan 

Acer Swift Edge sudah tersedia di Indonesia dengan harga mulai dari Rp19.999.000. Acer memberikan cashback hingga Rp2 juta untuk pembelian Swift Edge selama bulan Oktober 2022.

Pelanggan juga bisa mendapatkan perlindungan ekstra 1 tahun Acer Priority Care (APC) yang mencakup perlindungan Accidental Damage Protection (ADP) dan Priority Service untuk pembelian seri Acer Swift. 

Acer pun turut melengkapinya dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini