icon-category Gadget

Lensa Xiaomi 13T Dikeluhkan Berembun, Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Uzone.id - Xiaomi 13T merupakan smartphone ‘tercanggih’ Xiaomi yang beredar resmi di pasaran Indonesia tahun ini. Namun, beredar kabar kalau beberapa perangkat Xiaomi 13T yang diterima oleh konsumen mengalami masalah pada kamera belakangnya, yakni lensa yang berembun.

Masalah soal kamera Xiaomi 13T yang berembun diungkap oleh sejumlah pengguna via media sosial Facebook. Beberapa dari mereka menunjukkan kamera belakang ponselnya, terutama lensa utama yang tertutup embun.

alt-img
Sumber foto: Facebook/Xiaomi 13T Indonesia
alt-img
Sumber foto: Facebook/Xiaomi 13T Indonesia

Beberapa pengguna pun membagikan sejumlah foto yang menurun kualitasnya akibat masalah tersebut. Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi?

Tim Uzone.id langsung menanyakan hal ini kepada tim Xiaomi Exclusive Service Center di Semarang. Kepada kami, Ramadana selaku ASP Service Center Xiaomi Indonesia mengaku, pihaknya memang sempat menerima beberapa keluhan seperti itu.

Menurutnya, kamera berembun pada Xiaomi 13T disebabkan adanya perbedaan suhu antara bagian luar dan dalam smartphone, terutama pada bagian kameranya. 

“Untuk keluhan itu memang ada, tapi gak semua produk yang mengalaminya. Kondisinya memang tergantung dari perbedaan suhu. Selain dari rating (IP68) yang didapatkan, kalau ada perbedaan suhu antara dalam dan luar, itu akan timbul embun sih,” katanya.

Namun demikian, ia meminta para pengguna Xiaomi 13T untuk datang langsung ke service center resmi jika mengalami masalah kamera yang berembun. Nantinya, tim Xiaomi akan melakukan pengecekan terlebih dahulu, dan bila perlu melakukan perbaikan yang semestinya.

alt-img
Ramadana, ASP Service Center Xiaomi Indonesia

“Kalau ada problem, kita sarankan datang ke service center untuk cek terlebih dahulu. Jadi kita perlu memastikan kenapa bisa terjadi dan bagaimana solusinya,” jelas pria yang disapa Rama ini.

Soal garansi, mengingat salah satu penyebab yang membatalkan garansi adalah saat perangkat terkena cairan, service center Xiaomi akan melihat kondisi dari smartphone. Dari kasus kamera berembun Xiaomi 13T sendiri, Rama mengklaim kalau sejauh ini perangkat yang bermasalah tetap di-cover garansi.

“Kalau ditemukan kondisi cairan, kita pasti akan lakukan adjusment dan informasikan kepada konsumen,” terangnya. 

“Tapi, sejauh ini embun itu kan bisa kering, sejauh ini belum ada penolakan (terhadap garansi). Balik lagi, kita melihat ke dalam ponselnya apakah ada cairan yang masuk atau embun saja,”  pungkasnya.

Xiaomi 13T sendiri merupakan salah satu ponsel yang mendapatkan garansi VIP Service. Layanan ini mencakup jaminan kualitas selama dua tahun, satu kali garansi kerusakan layar yang berlaku selama enam bulan, jaminan perbaikan gratis di luar garansi yang berlaku 12 bulan, penyediaan ponsel cadangan, sampai layanan pengambilan dan pengiriman perangkat secara gratis.

Ponsel yang dirilis pada awal Oktober lalu ini dijual seharga Rp6.499.000 dengan konfigurasi kamera yang disokong langsung oleh Leica.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini