icon-category Telco

Libur Lebaran, Pengguna Telkomsel Rajin Main Game, TikTok dan Streaming

  • 08 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Telkomsel

    Uzone.id – Libur perayaan Idulfitri 1443 Hijriah berakhir sudah. Senin besok sudah saatnya kembali ke realita alias pekerjaan. Selama libur Lebaran, hiburan yang diakses secara digital melalui akses internet pun tetap jalan.

    Aktivitas ini pastinya membuat kenaikan trafik layanan data dari perusahaan operator seluler. Nah, Telkomsel sebagai salah satu penyedia jaringan broadband mencatat adanya lonjakan trafik layanan data mencapai 45,1 Petabyte (PB) atau tumbuh 21 persen dibanding momen yang sama pada tahun 2021.

    Angka tersebut juga tercatat lebih tinggi 9 persen dibandingkan hari biasa. Telkomsel melihat hal ini pastinya berangkat dari semakin tingginya percepatan adopsi gaya hidup digital masyarakat, terutama dari penyesuaian kebiasaan baru di masa pandemi yang telah berlangsung sejak dua tahun belakangan.

    Vice President Corporate Communications Telkomsel Saki Hamsat Bramono menjelaskan, lonjakan trafik komunikasi layanan data dan digital selama periode RAFI (Ramadan dan Idulfitri) 2022 ini turut didorong pertumbuhan aktivitas digital pelanggan yang meliputi akses layanan instant messaging dan video conference yang naik mencapai 21 persen.

    Baca juga: Libur Lebaran 2022, Trafik Indosat Naik 27 Persen

    Kemudian ada juga aktivitas mobile gaming melonjak hingga 17 persen, streaming video 16 persen, dan akses media sosial yang meningkat mencapai 3 persen, dibandingkan hari biasa.

    Lebih rinci, peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi media sosial juga menarik, di antaranya penggunaan WhatsApp tumbuh 35 persen, TikTok meningkat 16 persen, Instagram naik 15 persen, YouTube melonjak 13 persen, dan Facebook naik 1 persen.

    Sedangkan untuk akses layanan e-commerce mengalami penurunan sekira 38 persen, diikuti aktivitas browsing yang juga berkurang 7 persen.

    Di sisi lain, untuk layanan SMS dan panggilan suara (voice) di momen Ramadan dan Idul Fitri 2022 masing-masing mengalami penurunan sebesar 31 persen dibandingkan periode tahun sebelumnya.

    “Kami berharap, momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini dapat menjadi momentum kebangkitan bagi seluruh bangsa Indonesia seiring dengan semakin cepatnya adopsi kebiasaan baru selama pandemi COVID-19," kata Saki dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

    Baca juga: Lebaran H+3, Netizen Antusias Serbu 'Doctor Strange 2'

    Seluruh aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik penggunaan layanan data selama RAFI 2022 di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa.

    Berikut rinciannya:

    • Kabupaten Tasikmalaya (Provinsi Jawa Barat) naik 43 persen
    • Kabupaten Garut (Provinsi Jawa Barat) naik 34 persen
    • Kabupaten Cilacap (Provinsi Jawa Tengah) naik 50 persen
    • Kabupaten Cirebon (Jawa Barat) naik 28 persen
    • Kabupaten Ciamis (Provinsi Jawa Barat) naik 42 persen

    Telkomsel juga menemukenali adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik di wilayah Pulau Jawa seperti provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

    Untuk wilayah Jawa Barat sendiri mengalami peningkatan kedatangan pelanggan sebesar 13 persen, sedangkan untuk Jawa Tengah meningkat sebesar 17 persen, dan Jawa Timur sekitar 6 persen dibandingkan hari biasa.

    Diketahui, pada tahun ini Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 500 Point of Interest (POI) yang mencakup 104 area residensial, 4 rumah sakit utama rujukan COVID-19, 56 area transit transportasi utama (bandara, stasiun, terminal dan pelabuhan), 299 area spesial seperti pusat pelayanan publik dan pusat perbelanjaan, 19 area jalur mudik, serta 18 masjid raya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini