home ×
Digilife

Lima Hal Mengapa Sekolah Harus Memiliki Website Resmi Sendiri

11 June 2021 By
Lima Hal Mengapa Sekolah Harus Memiliki Website Resmi Sendiri
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Ist)

Uzone.id - Website sekolah mengambil peran yang cukup penting ketika di masa ini masyarakat cenderung memilih mengakses informasi secara digital.

Tak hanya sebagai sarana informasi, web portal juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana untuk mempromosikan sekolah kepada publik dengan cara mencantumkan berbagai keunggulan maupun pencapaian sekolah.

Ada banyak kegunaan yang bisa didapat ketika sekolah memiliki website sendiri. Berikut lima alasan mengapa sekolah harus memiliki website resmi sendiri.

Sarana Informasi Resmi yang Terjamin

Pencarian informasi dalam Internet menjadi salah satu yang sering digunakan oleh para pengguna untuk mencari tahu lebih dalam terkait satu instansi. Web resmi dalam lingkungan sekolah berguna untuk menampilkan informasi serta pengumuman yang berhubungan dengan sekolah agar bisa diakses oleh siswa, guru maupun calon siswa.

Baca juga: Tips Belajar Online untuk Persiapan PAT

Sekolah dapat menyediakan informasi ter up-to-date terkait manajemen sekolah seperti data siswa, data guru, profil sekolah, sarana prasarana sekolah beserta informasi lainnya dalam sebuah Sistem Informasi Manajemen Sekolah yang lengkap.

Informasi yang disajikan dari website resmi sekolah lebih terjamin kredibilitasnya sehingga masyarakat tidak perlu khawatir karena informasi-informasi yang dimuat merupakan informasi resmi sekolah.

Akses Tugas, Absensi, dan Ujian secara Digital

Website sekolah juga berperan sebagai salah satu komponen penting ketika era digitalisasi diterapkan didunia pendidikan. Siswa-siswa dapat mengakses berbagai kebutuhan mereka seperti akses terhadap tugas yang diberikan guru, absensi, dan ujian sekolah. 

Begitupun bagi pihak sekolah dan guru yang bisa mengunggah materi pembelajaran maupun buku-buku secara digital agar bisa diakses lebih leluasa oleh siswa dengan menciptakan perpustakaan digital lewat website sekolah.

Pembelajaran secara online karena pandemi membuat sekolah terpaksa mengadakan ujian berbasis online lewat aplikasi yang sangat memudahkan pihak sekolah, guru maupun siswa. Seperti salah satu fitur dari Pijar Sekolah yang menyediakan ujian sekolah berbasis aplikasi lengkap dengan pengaturan jadwal ujian hingga pemberitahuan hasil ujian bagi siswa.

Bentuk Promosi Sekolah 

Selain informasi, website sekolah memiliki keunggulan lain yaitu dapat menampilkan berbagai prestasi, keunggulan serta hal-hal menarik yang bisa menggaet perhatian calon peserta didik. Dalam website resmi, sekolah dapat mempromosikan instansinya kepada masyarakat umum tanpa ada batasan.

Promosi secara manual seperti menyebarkan brosur bisa diganti dengan promosi digital yang bisa diakses lebih luas dan efisien.

Galeri Siswa dan Guru

Tak hanya berisi informasi-informasi seputar sekolah, website sekolah juga bisa menjadi ajang memamerkan karya-karya siswa dan guru. Website sekolah bisa membuat laman khusus yang memuat tulisan serta hasil kreasi siswa dan memamerkan kegiatan-kegiatan sekolah lainnya seperti kegiatan ekstrakurikuler.

Dengan adanya web resmi sekolah, guru bisa menyediakan materi pelajaran yang bisa diakses oleh siswa. Materi pembelajaran menarik seperti yang ditawarkan Pijar Sekolah dalam fitur Buku Interaktif, Video Pembelajaran dan Lab Maya membuat siswa dan guru menjadi aktif dalam proses belajar mengajar.

Anjuran Kemendikbud dan Kemenag

Salah satu yang harus diketahui sekolah dianjurkan untuk memiliki website resmi sendiri, terutama bagi sekolah yang berada di bawah naungan Kemendikbud dan Kemenag. Hal ini menjadi penting karena ketika pendataan dapodik, emis, simpatika, serta pendataan lainnya, sekolah dimintai data secara detail dan lengkap salah satunya alamat website sekolah.

Baca juga: Pijar Sekolah Raih Penghargaan Bergengsi

Inilah yang mendorong sekolah-sekolah harus memiliki website sendiri. Selain untuk menyediakan informasi, website sekolah juga menjadi salah satu bentuk untuk mendukung gerakan digitalisasi di semua lapisan masyarakat yang kini sedang dipromosikan oleh pemerintah.

Pijar Sekolah selaku penyedia platform pendidikan digital memiliki visi dan misi untuk membuat pendidikan Indonesia lebih melek pada teknologi digital dengan cara memberikan kemudahan lewat fitur-fiturnya.

Ini selaras dengan gerakan digitalisasi serta perkembangan teknologi yang kini terus berkembang di masyarakat Indonesia.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id