Digilife

Lindungi Anak dari Kecanduan Game dengan Kids Space di OPPO Reno6

  • 22 September 2021
  • Bagikan :

     

    Uzone.id - Tidak dipungkiri lagi jika pandemi ini membuat orang tua dilema. Di satu sisi, anak-anak butuh smartphone untuk sekolah online, sedangkan di sisi lain mereka bisa keterusan berkutat dengan smartphone dan kecanduan main game online. Tapi kini orang tua tak perlu khawatir karena ada fitur Kids Space.

    Diketahui, fitur Kids Space hanya ada di smartphone dengan basis ColorOS 11. Salah satunya di OPPO Reno6. Tak hanya menghindari anak kecanduan game, tapi juga memblokir konten-konten yang tidak diinginkan. Misalnya mencegah anak-anak agar tak mengakses konten dewasa, konten yang membahayakan diri. Artinya, Oppo memiliki upaya untuk melindungi penggunanya, baik orang tua maupun anak-anak.

    Baca juga: OPPO A16, Andalan Sekolah Online

    Kids Space bisa diaktifkan dengan membuka menu Privasi yang ada di dalam Pengaturan. Di dalam menu Privasi akan ada banyak fitur kontrol anak yang bisa diaktifkan. Misalnya, membatasi durasi anak bermain ponsel (termasuk berapa lama mereka boleh bermain game), mengizinkan atau memblokir aplikasi tertentu, mengaktifkan akses internet anak dan lainnya.

    Saat fitur diaktifkan, tampilan layar akan menyesuaikan. Semua aplikasi yang ditampilkan di home page akan sesuai dengan pilihan orang tua. Untuk keluar dari Kids Space, butuh persetujuan orang tua. Entah berupa otorisasi password atau sidik jari orang tua. Oleh karena itu, pastikan akses keamanan sidik jari diaktifkan lebih dahulu. Untuk membuka ponsel pun, anak harus meminta otorisasi sidik jari orang tua agar bisa mulai bermain.

    Baca juga: Cara Kunci Aplikasi di OPPO Reno6

    Dalam keterangan yang terdapat di fitur Kids Space dijelaskan jika orang tua bisa membuat sang anak menjadi lebih baik, meski memiliki handphone. Mereka bisa mencegah sang anak untuk bermain game dengan aman, termasuk menghindari sedot pulsa, atau pembelian item game yang tidak perlu. Bahkan saat internet digunakan, kuota akan dibatasi agar tidak terjadi kelebihan tagihan atau billing membengkak.

    Oia, Kids Space juga mencegah orang tidak sembarangan untuk membuat modifikasi pada pengaturan sistem. Pun mencegah orang lain atau anak melakukan download/instalasi aplikasi secara sembarangan.

    Yang terpenting, Kids Space dipercaya bisa melindungi anak agar tidak kecanduan bermain game, bermain smartphone karena ada fitur pembatasan akses aplikasi dan akses ke smartphone.