LINE Hadirkan Fitur Official Account Call, Dukung Pengusaha di Masa Pandemi
Uzone.id - LINE kembali menghadirkan inovasi terbaru dengan meluncurkan fitur untuk LINE Official Account, yakni OA Call. Fitur OA Call memungkinkan pelaku bisnis di LINE Official Account untuk membuka layanan panggilan LINE gratis, baik melalui panggilan suara maupun panggilan video.
Penguna aplikasi LINE yang juga menjadi pelanggan suatu merek bisnis tertentu pun kini dapat membuat panggilan langsung ke LINE Official Account.Baca juga: LINE Tambah Kapasitas Video Call Hingga 500 Orang
Dalam pernyataan resminya, Trisnia Anchali Kardia, Sales Director LINE Indonesia mengatakan, “Fitur baru OA Call yang dapat menghubungkan pebisnis dengan pelanggan mereka secara langsung dan gratis, baik melalui panggilan suara maupun video.”
LINE Official Account merupakan bagian dari layanan LINE for Business yang sudah hadir sejak 2012 lalu dan bisa menghubungkan bisnis dengan pelanggan baik secara online maupun offline.
Di Indonesia, lebih dari 2,9 juta LINE Official Account sudah hadir, mulai dari bisnis besar bertaraf internasional hingga Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karena itu, fitur OA Call ini akan dapat menghubungkan banyak pebisnis dan pelanggan serta dapat meminimalisir kontak langsung di masa pandemi COVID-19.
Fitur OA Call juga tidak hanya mendukung komunikasi yang lebih efektif karena pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi tentang masalah mendesak melalui panggilan telepon, tetapi juga dapat menjawab kebutuhan penyampaian pesan yang sulit disampaikan melalui pertukaran pesan.
Baca juga: Zoom Ekspansi dan Buka Pusat Teknologi di India
Pelaku dunia usaha yang telah memiliki Official Account di LINE perlu melakukan pengaturan sederhana agar pelanggan dapat melakukan panggilan LINE. Cara untuk mengaktifkan fitur OA Call juga sangat mudah.
Kalian dapat melakukan pengaturan melalui Aplikasi LINE Official Account atau Halaman Web Official Account (manager.line.biz) dengan cara berikut:
Melalui aplikasi LINE Official Account:
- Buka pengaturan obrolan di Tab "Obrolan".
- Klik tab "Telepon" dari menu pengaturan obrolan.
- Aktifkan button "Panggilan Suara" untuk mengaktifkan fitur LINE Call. Kalian juga dapat menyalakan "Panggilan Video" bila perlu.
- (Meskipun kalian telah mengaktifkan fitur Panggilan Video, pengguna nantinya akan memiliki pilihan untuk menggunakan fitur video atau tidak ketika melakukan panggilan).
Melalui Halaman Web LINE Official Account (manager.line.biz):
- Buka pengaturan obrolan di menu “Obrolan”.
- Klik tab “Pengaturan Obrolan”(a) lalu pilih tab "Telepon"(b) dari menu pengaturan obrolan.
- Pada pengaturan "Panggilan Suara", pilih "Nyalakan" untuk mengaktifkan fitur LINE Call. Anda juga dapat menyalakan “Panggilan Video” bila perlu.
Pebisnis juga memiliki pilihan untuk membuka OA Call setiap saat atau hanya pada saat-saat tertentu. Melalui pilihan ini, pelaku bisnis bisa menyesuaikan OA Call dengan jam kerja atau usaha mereka.