icon-category Telco

Listrik Putus Pasca Erupsi Semeru, Apa Kabar Jaringan XL dan Indosat?

  • 07 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi: Aron Visuals/Unsplash

Uzone.id – Gunung Semeru di Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12) dengan status dari level empat menjadi awas. Bahkan, erupsi terjadi kembali pada Selasa pagi (6/12). Bagaimana kondisi jaringan operator di sana pasca erupsi?

Pihak XL Axiata memastikan secara umum semua layanan telekomunikasi aman dan tidak terdampak secara signifikan pasca erupsi Gunung Semeru. Meski demikian, memang sempat ada kendala pasokan listrik ke beberapa BTS.

“BTS kami yang terdekat berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat erupsi. Erupsi dan hujan abu serta pasirnya cukup dahsyat sampai memutus pasokan listrik ke beberapa BTS. Sebagian BTS lainnya tetap bisa menyala karena ada genset,” ungkap Regional Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

Ia melanjutkan, “kami akan berupaya keras untuk tetap menjaga layanan di area bencana ini karena tentu saat ini layanan telekomunikasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak dan aparat yang menangani korban bencana."

Baca juga: Strategi Telkomsel, Indosat dan XL Axiata Hadapi Ancaman Resesi 2023

XL Axiata memiliki sekitar 12 BTS di radius 20 km dari gunung tersebut, 3 BTS yang berlokasi di Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Ampelgading, Kelurahan Bulurejo Kecamatan Tempusari dan Kecamatan Pronojiwo sempat padam sesaat terjadi erupsi yang disertai hujan abu dan pasir.

Hingga 6 Desember 2022, jaringan XL Axiata di Kabupaten Lumajang terutama Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro dinyatakan telah normal kembali.

Pelanggan dan masyarakat sudah bisa mendapatkan lagi akses telekomunikasi dan data. Seiring dengan sudah mulai menyala lagi aliran listrik di beberapa area pasca erupsi, maka semua BTS yang sempat terkendala juga bisa beroperasi lagi. XL Axiata memiliki lebih dari 103 BTS di Kabupaten Lumajang, termasuk di lokasi bencana.

Baca juga: Telkom dan Indosat Collab, Percepat IoT hingga Metaverse

Tim teknis XL Axiata di lapangan, saat ini terus melakukan pemantauan dan pengecekan untuk memastikan jaringan dan layanan tetap berfungsi optimal untuk digunakan masyarakat dan pelanggan.

Hal serupa juga menimpa Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). Perusahaan mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk segera menyalurkan bantuan kepada lebih dari 2000 masyarakat sekitar yang terpaksa harus mengungsi.

“Secara umum kondisi jaringan IOH di wilayah Lumajang adalah dalam kondisi normal, meskipun sebagian pelanggan sempat merasakan kendala karena 7 sites kami di wilayah yang paling terdampak erupsi Gunung Semeru mengalami kendala pasokan listrik pada Minggu sore,” tutur SVP-Head of Corporate Communications IOH, Steve Saerang saat dihubungi Uzone.id secara terpisah.

Ia juga mengatakan karyawan IOH di wilayah Lumajang dalam kondisi sehat dan aman.

“Jika ada pelanggan yang masih mengalami kendala dalam menggunakan layanan kami, silakan menghubungi berbagai saluran layanan pelanggan IM3 dan Tri untuk segera kami bantu penanganannya,” tutup Steve.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini