icon-category Startup

Makin Merata, Peningkatan UMKM Daerah Timur Kuasai Tokopedia

  • 21 Aug 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Rizky Juanita Azuz, External Communications Senior Lead Tokopedia (Kamis, 18 Agustus 2022)

    Uzone.id - Pemerataan layanan jual-beli secara online terus meluas setiap harinya, termasuk mencakup daerah-daerah di kota-kota kecil Indonesia.

    Dalam laporan satu tahun ke belakang (Agustus 2021 - Agustus 2022) yang dibagikan oleh Tokopedia, pertumbuhan peningkatan penjual dan pembeli ternyata didominasi oleh daerah Indonesia dari bagian timur.

    Tokopedia juga mencatat bahwa pelayanan mereka sudah menyentuh angka 99 persen untuk kecamatan di Indonesia, termasuk di daerah timur Indonesia. Sisanya, Tokopedia mengakui kalau faktor seperti infrastruktur, logistik, listrik dan lainnya masih menjadi penghalang.

    Baca juga: Bangga! Jokowi Sebut Indonesia Punya 2 Decacorn dan 9 Unicorn

    Rizky Juanita Azuz selaku External Communications Senior Lead Tokopedia mengatakan bahwa peningkatan jumlah transaksi yang paling tinggi di Tokopedia rata-rata peningkatannya mencapai 9 kali lipat. Daerah tersebut adalah Jayawijaya, Konawe Utara, Waropen, Paniai dan Pegunungan Bintang

    Rizky juga menyebutkan beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah paling tinggi, ada di daerah Pasangkayu, Pakpak Bharat, Banggai Kepulauan, Teluk Bintuni dan Kepulauan Anambas.

    “Kami memiliki misi untuk meratakan ekonomi secara digital, nah ini terlihat dari data-data yang kita punya setahun belakangan. Kota-kota yang muncul adalah kota-kota yang bukan lagi di kota-kota besar,” tambahnya.

    Untuk wilayah dengan peningkatan pembeli paling tinggi berasal dari Asmat, Halmahera, Takalar, Jeneponto dan Bantaeng. Peningkatan rata-rata di daerah ini tercatat sebanyak 3,5 kali lipat.

    Sementara itu, UMKM yang bergabung ke Tokopedia juga semakin merata di seluruh Indonesia. Selama 2019 hingga 2022, ada sekitar 7 juta pelaku usaha lokal yang bergabung ke Tokopedia. 

    Baca juga:  GoFood Akhirnya Hadir di Tokopedia!

    Tak hanya didorong oleh keadaan pandemi yang memaksa pelaku usaha untuk beradaptasi namun juga berbagai inovasi khusus UMKM yang dihadirkan oleh Tokopedia seperti HyperLocal, Dilayani Tokopedia, Tokopedia NOW!, Mitra Tokopedia, dll.

    Foto: CTO of Tokopedia, Herman Widjaja (Vina/Uzone.id)

    Hal ini sejalan dengan harapan dari CTO of Tokopedia, Herman Widjaja yang disampaikan dalam acara perayaan ulang tahun Tokopedia ke-13.

    “Kita percaya di Tokopedia, UMKM adalah penggerak ekonomi Indonesia. 13 tahun kita berharap bersama Tokopedia dan Indonesia membantu pemulihan ekonomi digital di Indonesia,” ungkapnya.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini