home ×
Digilife

Masyarakat kini lebih Fokus pada Ponsel daripada Nonton TV

17 March 2021 By
Masyarakat kini lebih Fokus pada Ponsel daripada Nonton TV
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Tidak dipungkiri lagi jika saat ini warga dunia lebih fokus berkutat dengan layar ponsel ketimbang televisi. Hal ini sama seperti yang diungkap oleh riset We Are Social, yang menyebut lebih dari 66,6 persen populasi dunia telah memiliki ponsel di tangannya.

2020 mungkin bukan tahun yang menyenangkan bagi sebagian besar masyarakat global. Pandemi yang melanda membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas dan memaksa mereka untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Namun, di bidang digital, tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menarik. Riset We Are Social dalam Global Digital Report 2021 menunjukkan jika selama 2020, banyak bermunculan pengguna internet baru sebagai bentuk dari adaptasi mereka di masa pandemi. Begitupun pengguna internet lama yang menggunakan alat-alat digital baru.

Baca juga: Mengenal Atlet eSport Termuda di Dunia

Sosial media mengalami lonjakan pengguna sebesar 13 persen semenjak laporan terakhir di 2020. Hampir setengah juta pengguna baru bergabung di berbagai platform sosial media selama satu tahun terakhir, mengumpulkan 4,2 miliar pengguna di awal tahun 2021.

Tercatat para pengguna internet rata-rata menghabiskan 2 jam 25 menit sehari untuk bermain sosial media, setara satu hari dalam setiap minggunya. Jika dikombinasikan secara menyeluruh, para pengguna internet ini menghabiskan total 3,7 triliun jam di media sosial di tahun 2021, setara dengan lebih dari 420 juta tahun.

Tak hanya platform-platform digital yang mengalami peningkatan pengguna dan jam pakai. Para pengguna juga kini menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bermain ponsel daripada menonton televisi. Menurut riset We Are Social yang didapat dari data App Annie, pengguna mobile devices khususnya Android menghabiskan 4 jam 10 menit setiap harinya untuk bermain ponsel.

Baca juga: Heboh Meme Parakan O1

Data GWI juga menunjukkan hal serupa dimana pengguna internet menghabiskan 3 jam 39 menit perhari untuk bermain internet di ponsel mereka, 15 menit lebih lama daripada menonton televisi yang mencatat waktu 3 jam 24 menit per harinya.

Ini artinya, rata-rata pengguna internet sekarang menghabiskan waktu 7 persen lebih lama bermain internet di ponsel mereka dibanding menonton televisi. Berbeda jika dibandingkan dengan pengguna internet untuk seluruh device, dimana mereka menghabiskan 6 jam 54 menit setiap harinya, hampir 2 kali lipat daripada menonton TV.

Diketahui, di awal 2021, tercatat jumlah penduduk dunia mencapai 7,83 miliar. PBB menyebut jumlah populasi warga dunia naik 1 persen setiap tahun. Ini artinya, dalam setahun di 2020, jumlah penduduk di seluruh dunia bertambah 80 juta orang. Dari total populasi, sebanyak 66,6 persen warga menggunakan ponsel. Sedangkan pengguna internet di seluruh dunia mencapai angka 4,66 miliar.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article