icon-category Gadget

MediaTek Keluarkan Rival Snapdragon 8+ Gen 1, Dimensity 9000+

Uzone.id - Snapdragon 8+ Gen 1 punya rival kuat, namanya MediaTek Dimensity 9000+. Posisi chipset ini sama, membawa peningkatan performa dari model standar yang beredar sebelumnya.

MediaTek Dimensity 9000+ dibangun dengan arsitektur 4nm, sama seperti Snapdragon 8+ Gen 1. Prosesor terbaru itu mengusung tiga kluster CPU yang terdiri dari 1-core Cortex X2, 3-core Cortex A710 dan 4-core Cortex A510.

Pada core utama atau performance core, disemburkan power hingga 3,2 GHz atau jauh lebih cepat ketimbang Dimensity 9000 yang menyuguhkan clock-speed pada performance core sebesar 3,05 GHz.

"Chipset terbaru ini memberikan peningkatan lebih dari 5 persen kinerja CPU dan lebih dari 10 persen pada GPU," klaim MediaTek.

Dijelaskan Dr. Yenchi Lee selaku Deputy General Manager of MediaTek Wireless Communications Business Unit, Dimensity 9000+ memastikan bahwa produsen perangkat dapat merancang smartphone high-end menjadi lebih menonjol dari pesaingnya.

Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Realme Narzo 50 5G

Ia memastikan prosesor ini akan selalu memiliki akses ke fitur berperforma tinggi dan canggih karena sudah dilengkapi teknologi seluler terbaru.

"Dengan serangkaian fitur AI, game, multimedia, pencitraan, dan konektivitas, Dimensity 9000+ menyuguhkan gameplay lebih cepat, streaming yang mulus, dan pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan," jelasnya.

Tak hanya kencang, MediaTek Dimensity 9000+ dilengkapi dengan ISP MediaTek Imagiq 790 yang pintar dan bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. Chip tersebut bisa menghasilkan gambar di resolusi hingga 320MP dan mampu mendukung perekaman video HDR 18-bit yang diambil tiga kamera bersamaan.

Resolusi video maksimal yang bisa ditanganinya adalah 4K HDR yang memungkinkan gambar kualitas tertinggi bahkan dalam cahaya rendah yang ekstrem. Satu lagi, ISP ini memungkinkan hasil gambar jauh lebih baik lagi berkat fitur AI noise reduction.

MediaTek Dimensity 9000+ pun sudah dibekali dengan chip MiraVision 790 yang memungkinkan ponsel mendukung layar 144Hz di resolusi WQHD+ atau 180Hz di resolusi Full HD+. Sertifikasi HDR10+ dan resolusi 4K pada 60 FPS juga bisa ditangani chipset satu ini.

Baca juga: Daftar Smartphone dengan Snapdragon 8 Gen 1 di Indonesia

Fitur lainnya, terdapat model 3GPP 5G terintegrasi yang menawarkan kecepatan downlink hingga 7 Gbps menggunakan 3CC Carrier Aggregation (300 MHz). Lalu, teknologi WiFi 6E dan Bluetooth 5.3 juga sudah didukung oleh prosesor ini.

Ponsel pertama yang ditenagai MediaTek Dimensity 9000+ diprediksi akan diperkenalkan pada kuartal ketiga tahun ini. Jadi, kita tunggu saja kehadirannya ya!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini