icon-category Gadget

Kelebihan & Kekurangan Realme Narzo 50 5G, Wajib Tahu Sebelum Beli

Realme Narzo 50 5G (Foto: Muhammad Faisal/Uzone.id)

Uzone.id - Another mediocre smartphone, Realme Narzo 50 5G. Segmen smartphone kelas menengah memang seksi banget ya di Indonesia. Kelas ini masih jadi favorit sebagian besar masyarakat, terbukti dengan getolnya brand ponsel menghadirkan smartphone menengah yang affordable.

Salah satu pabrikan yang sering banget launching ponsel kelas menengah adalah Realme. Bisa dibilang, hampir sebulan sekali brand ini merilis smartphone dengan rentang harga terjangkau buat masyarakat Indonesia.

Salah satu yang baru saja diperkenalkan adalah Realme Narzo 50 5G yang dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp3 jutaan. Kami sudah menggunakannya kurang lebih seminggu sebagai daily driver.

Nah, berikut ini ulasan kelebihan dan kekurangan yang kami rasakan dari Realme Narzo 50 5G agar kalian bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau melewatkannya begitu saja.

Baca juga: Tes Gaming Samsung Galaxy M53 5G

Desain 'iPhone-centric'

iPhone sering diledek sekaligus ditiru juga oleh para kompetitornya. Ponsel Apple tersebut kerap disebut punya desain yang itu-itu saja, tapi di waktu yang sama desainnya pun jadi inspirasi bagi segelintir ponsel Android yang rilis saat ini.

Realme Narzo 50 5G boleh dibilang punya desain yang terinspirasi dari iPhone 12 ataupun 13 Series. Tengok saja bingkai bodinya, flat dengan lengkungan halus di tiap sudutnya.

Sebelumnya, desain bingkai mengotak ini jarang diaplikasikan. Tapi setelah Apple merilis iPhone 12 kemudian seri selanjutnya, mulai banyak yang mengusung bingkai flat dengan form factor yang tipis dan ringkas.

Kami tak sebut hal ini sebagai kekurangan pada Realme Narzo 50 5G. Sebab, seenggaknya konsumen tak perlu merogoh kocek lebih dalam untuk mendapatkan desain elegan ala iPhone generasi terbaru.

Lagian, bodi ponsel terbaru Realme tersebut juga enak digenggam dan dikantongi. Bodinya cukup tipis setebal 8,1mm dengan bobot yang lumayan ringan 190 gram saja.

Realme juga mengemas ponselnya dengan desain yang unik. Warnanya punya efek cahaya reflektif dengan warna gradasi dan pola garis halus di sekujur tubuhnya.

Kemudian modul kameranya pun cukup berbeda. Biasanya, bingkai kamera dari jajaran ponsel Realme suka persis satu sama lain, baik itu seri low, mid, hingga flagship. Namun kini, desainnya dibuat berbeda dan terlihat kekinian.

Baca juga: Review Redmi 10A

Kinerja Mengesankan

MediaTek Dimensity 810 digunakan sebagai dapur pacu utama dari Realme Narzo 50 5G. MediaTek memang merancang chipset ini untuk kelas menengah ke bawah, tapi dengan performa yang tak biasa.

MediaTek Dimensity 810 memiliki dua kluster CPU yang terdiri 2-core Cortex A76 berkecepatan 2,4 GHz dan 6-core Cortex A55 dengan clock-speed 2 GHz. Dari pengukuran AnTuTu Benchmark v9 terbaru, skornya nyaris 400 ribu poin.

Dukungan koneksi generasi kelima pada Realme Narzo 50 5G tak terlepas jasa MediaTek Dimensity 810 ini. MediaTek sudah menyisip modem 5G terintegrasi untuk kelancaran koneksi pengguna.

Prosesor ini dibantu oleh RAM 6 GB dan memori penyimpanan 128 GB. Menariknya, RAM bawaan Realme Narzo 50 5G bisa ditambah secara virtual berkat fitur RAM Expansion.

Pengguna dapat menambah RAM secara virtual hingga 5GB, sehingga total memori yang dipunyainya menjadi 11 GB total. Sejauh kami menggunakannya, sebenarnya tak ada perbedaan signifikan.

Dengan atau tanpa RAM virtual, ponsel tetap lancar untuk membuka aplikasi bergantian, menjalankan dua aplikasi bersamaan, hingga bermain game. Jenis RAM yang dipakainya juga LPDDR4x yang lumayan bagus untuk ponsel kelas menengah.

Baca juga: Review Baterai Samsung Galaxy M33 5G

Gaming Lancar Jaya

MediaTek Dimensity 810 juga bikin ponsel 5G Realme enak diajak main game. Bukti sahihnya, 4 game beda genre yang sudah kami coba begitu lancar dimainkan di sini.

Stumble Guys, Real Racing 3, PUBG Mobile, hingga Marvel Future Revolution, semuanya dilibas oleh Realme Narzo 50 5G tanpa kendala.

Selain berkat dapur pacu yang mumpuni di kelasnya, Realme Narzo 50 5G juga menawarkan kelebihan fitur gaming pada sistem operasinya.

Adapun ponsel ini sudah berjalan di Realme UI terbaru berbasis Android 12. Ada fitur Games di dalamnya yang membuat pengguna makin enjoy bermain game favorit mereka.

Kinerja Baterai Hebat

Baterai 5.000 mAh dari Realme Narzo 50 5G punya daya tahan yang luar biasa. Berdasarkan pengujian dengan tes baterai di aplikasi PCMark, smartphone ini memperoleh screen on time hingga 21 jam lebih dengan baterai tersisa 19 persen.

Daya tahan yang mengesankan, karena selama pengujian berlangsung smartphone ini menjalankan berbagai proses yang relate dengan pemakaian sehari-hari, seperti mengetik, mengakses browser, membuat presentasi, melakukan video conference, dan sebagainya.

Sementara saat menggunakannya secara langsung, ponsel ini dapat menemani kami selama jam kantor berlangsung. Dari jam 9 pagi hingga 6 sore, baterainya tetap awet hanya dengan sekali pengisian baterai saja.

Terkait pengisian baterai, fast charging 33W yang didukungnya mampu mengisi daya baterai hingga penuh dalam waktu kurang dari 90 menit. Adapun untuk adaptor charger 33W, sudah tersedia dalam paket pembelian.

Baca juga: Kelebihan & Kekurangan Samsung Galaxy S22 Ultra

Bisa Diajak Hunting Foto Lowlight

Realme Narzo 50 5G punya total tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP, kamera portrait atau depth 2MP, serta kamera selfie 8MP yang diletakkan pada notch atau poni di bagian depan.

Cukup mengejutkan kualitas gambar yang dihasilkan oleh Realme Narzo 50 5G, khususnya yang ditangkap oleh kamera utama 48MP. Kamera ini memang tak se-wah kamera 50MP, 64MP atau 108MP di luar sana, namun kualitas warna dan detail yang ditangkapnya tergolong bermutu tinggi.

Kamera utama Realme Narzo 50 5G sudah mampu membantu kami untuk memotret suasana malam di tengah kota. Foto yang dihasilkannya memiliki warna yang bagus dan minim noise, walah soal detail masih kalah dari kamera bersensor lebih besar.

Pengambilan foto malam ini dibantu oleh Night Mode yang sudah tersedia dalam aplikasi kamera. Pemotretan memang membutuhkan waktu beberapa detik, tapi hasilnya begitu ciamik. Berikut beberapa hasil foto malam yang kami ambil dengan kamera Realme Narzo 50 5G:

Foto Malam Realme Narzo 50 5G

Foto malam yang bagus, bagaimana dengan mengambil momen di cahaya yang mendukung? Bagus juga. Warnanya kaya dan natural, detailnya pun jelas. Berikut beberapa fotonya:

Foto Normal Realme Narzo 50 5G

Ada NFC

Realme Narzo 50 5G sudah mendukung fitur NFC. Fitur ini membuat kalian sebagai pengguna untuk mengecek atau mengisi saldo emoney tanpa harus pergi ke minimarket. 

Kami sudah menyebutkan beberapa kelebihan dari Realme Narzo 50 5G. Sekarang saatnya membeberkan apa saja kekurangan yang dimiliki oleh smartphone ini dan sudah kami rasakan secara langsung.

Bodi Plastik Gampang Kotor

Realme Narzo 50 5G dibuat dengan material polikarbonat atau plastik. Khusus bodi belakang terutama bingkai kameranya, dibuat agar mirip seperti bodi kaca.

Alhasil, bodi ponsel 5G Realme ini begitu mudah kotor akibat jejak sidik jari yang menempel. Apalagi bagian kameranya, gampang banget kelihatan kotor karena minyak atau sidik jari kami.

Baca juga: Review Samsung Galaxy A73 5G

Satu-satunya solusi adalah dengan menggunakan softcase bening yang sudah tersedia dalam paket pembelian. Setidaknya, ponsel tidak kelihatan kotor-kotor amat saat memakai casing bawaan tersebut.

Layar Kurang Terang di Outdoor

Realme Narzo 50 5G mengusung layar berjenis IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD+. Refresh rate layarnya sudah 90Hz, sehingga cocok buat para gamer atau pengguna yang ingin pengalaman lebih mulus saat memakai ponsel.

Kualitas layarnya terbilang biasa saja cenderung tidak memuaskan. Kami sering bekerja outdoor, sehingga memang membutuhkan ponsel yang proper untuk pemakaian di luar ruangan.

Realme Narzo 50 5G sayangnya tidak masuk ke kriteria tersebut. Alasannya, layar ponsel ini kurang terlihat dengan baik saat berada di bawah sinar matahari yang terik. Walau intensitas cahaya sudah maksimal, layarnya masih kurang kelihatan dengan baik oleh mata.

Kendati demikian, pemakaian di dalam ruangan atau lingkungan dengan kondisi cahaya yang temaram maupun redup, layar ini sudah cukup enak untuk dilihat.

Konfigurasi Kamera Terbatas

Cukup bikin heran sih, kenapa ponsel harga Rp3 jutaan justru hanya dibekali sepasang kamera di belakang saja. Satu kamera yang powerful dan satu lainnya yang terkesan gimmick.

Daripada memasukkan kamera portrait dan 2MP pula, kenapa tidak menghadirkan kamera ultrawide saja? 8MP juga sudah cukup untuk memotret foto ultra lebar. Kami sendiri cukup sulit untuk memotret foto landscape dengan ponsel ini, karena perlu mengaktifkan fitur Pano yang cukup menyulitkan implementasinya.

Itu tadi ulasan kekurangan dan kelebihan dari Realme Narzo 50 5G. Semoga jadi pertimbangan bagi Anda sebelum membeli ponsel besutan Realme ini. 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini