home ×
Digilife

Membedah Perbedaan Fitur Instagram Reels dan TikTok

24 June 2021 By
Membedah Perbedaan Fitur Instagram Reels dan TikTok
Share
Share
Share
Share

Foto: Instagram/Time Magazine

Uzone.id -- Netizen Indonesia yang sudah menantikan kehadiran Reels di Instagram pasti bersorak karena hari ini, Rabu (23/6) layanan yang mirip TikTok tersebut resmi dirilis. Mau bagaimanapun, tetap saja keduanya serupa namun tetap tak sama.

Meski Instagram secara gamblang menyontek TikTok, tetap ada beberapa perbedaan dari sisi fitur. TikTok selama ini dikenal sebagai pionir dari layanan video pendek dengan berbagai macam filter, suara atau lagu, serta tren-tren di dalamnya.

Sedangkan Reels sebagai pengikut tren TikTok kira-kira memiliki fitur apa saja? Yuk kita cek seperti apa perbedaannya.

Fitur lagu
Reels dan TikTok bisa menambahkan lagu atau audio yang sudah ada di dalam masing-masing layanan. Bedanya, di Reels fitur ini diberi nama “Audio”, sedangkan TikTok bernama “Sound”.

Dari sini, sebetulnya bisa langsung terlihat perbedaannya. Reels masih memanfaatkan lagu-lagu dari musisi yang ada di dalam library Instagram Music.

Fitur Audio di Reels. Foto: Uzone.id

Sedangkan TikTok memiliki banyak pilihan suara, mulai dari lagu para musisi, challenge yang sedang viral, hingga beberapa kategori seru lain yang ada di dalam Playlist. Dengan kata lain, fitur Sound di TikTok tidak terbatas hanya musik berupa lagu saja.

Fitur Sound di TikTok. Foto: Uzone.id

Effects

Hal satu ini sudah menjadi khas TikTok karena media sosial satu ini memang ‘rajanya’ efek yang lucu hingga konyol. Di dalam ‘Effects’ TikTok, pengguna bisa eksplorasi berbagai macam efek yang jumlahnya banyak sesuai kategori.

Ada kategori Hot, Classic, Selfies, Hair, Funny, Interactive, Heart, Vlog, Animal, hingga Glasses. Pengguna juga bisa menyimpan beragam efek agar lebih mudah dipakai.

Sementara untuk Reels, penggunaannya efek sama seperti menggunakan filter pada Instagram Stories. Jadi, efek pada Reels juga bisa menggunakan filter yang sudah kita simpan untuk Stories. Berbeda dari TikTok, pengguna Reels harus rajin-rajin eksplorasi efek sendiri jika ingin variasi yang macam-macam.

Baca juga: Sudah Ada TikTok, Apa Uniknya Instagram Reels?

Durasi video
TikTok menghadirkan dua jenis durasi video, yakni 15 detik dan 60 detik. Sementara Reels terdiri dari tiga jenis durasi, yaitu 15 detik, 30 detik, dan 60 detik.

Countdown
TikTok dan Reels sama-sama menyuguhkan fungsi hitung mundur atau countdown yang terdiri dari dua opsi, yakni 3 detik dan 10 detik.

Fungsi Countdown ini dapat diaktifkan agar pengguna dapat bersiap terlebih dahulu sebelum masing-masing layanan merekam aksi video.

Speed video
Namanya juga konten kreatif, wajar jika kedua layanan menghadirkan fitur kecepatan video. Namun, ada perbedaan di antara keduanya.

Reels menyediakan kecepatan video mulai dari 0,3x, 0,5x, 1x, 2x, 3x, dan 4x.

Baca juga: Cara Pakai Instagram Reels

Sedangkan TikTok opsi kecepatannya terdiri dari 0,3x, 0,5x, 1x, 2x, dan 3x.

Dengan kata lain, pengguna bisa membuat konten dengan kecepatan normal, kecepatan lebih tinggi, atau agak slow-motion.

Beautify/Touch Up
TikTok memiliki fitur Beautify untuk pengguna yang ingin tampil dengan wajah lebih halus dan dipercantik. Sedangkan Reels ada fitur Touch Up yang kurang lebih juga mirip kegunaannya.

Templates
Fitur ini hanya ada di dalam TikTok. Sejauh ini TikTok menyediakan 32 Templates yang tujuannya untuk pengguna yang mungkin bingung ingin membuat konten organik seperti apa, sehingga mereka bisa menjajal Template ini, mulai dari Photo Mix, TikTok Travel, edisi Lebaran, Natal, hingga ucapan ulang tahun.

Fitur Templates di TikTok. Foto: Uzone.id

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id