icon-category Auto

Mengenal 4 Pebalap HRC yang Riding Bareng Penggemar di Indonesia

  • 30 Nov 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - PT Motul Indonesia Energy secara eksklusif mendatangkan empat pebalap Honda Racing Corporation (HRC) yang berkiprah di MXGP dan WorldSBK. Kedatangan empat pebalap ini sekaligus menyapa penggemar balap dan riding bersama dalam acara "The Ultimate Ride: Motul & HRC Together in Indonesia".

Empat pebalap HRC tersebut adalah Ruben Fernandez dan Tim Gajser yang berkompetisi di MXGP. Kemudian terdapat Iker Lecuona dan Xavi Vierge yang bertanding di ajang WorldSBK.

Lantas, bagaimana latar belakang dari masing-masing pebalap yang hadir di Indonesia tersebut?

alt-img

1. Iker Lecuona

Lecuona pertama kali membalap untuk HRC di WorldSBK pada tahun 2022. Di musim perdananya sebagia rookie, dirinya berhasil meraih posisi 6 besar.

Selama musim balap 2022, Iker Lecuona meraih satu podium dan secara konsisten bersaing di posisi 10 besar dalam ajang WorldSBK.

Di usia 16 tahun, Iker Lecuona sudah melalui berbagai pencapaian seperti finis sepuluh besar di FIM CEV Moto2. Kesuksesan tersebut yang membuatnya naik ke kejuaraan dunia Moto2.

Kemudian di ajang MotoGP 2020, Iker Lecuona tampil konsisten dengan tiga kali finis di sepuluh besar di musim pertamanya. Kemudian di MotoGP 2021, Lecuona terus meningkatkan performanya.

Setelahnya pria kelahiran Spanyol ini beralih ke WorldSBK bersama tim HRC di tahun 2022.

alt-img

2. Xavi Vierge

Xavi Vierge merupakan mantan runner-up Kejuaraan Eropa FIM CEV Moto2 yang mampu meraih tujuh kali kemenangan. Kemudian pada tahun 2016, Vierge beralih ke Kejuaraan Dunia Moto2 dan berhasil meraih finis sepuluh besar dan secara perlahan meningkatkan penampilannya di musim tersebut.

Pada tahun 2017,, Vierge meraih podium pertamanya di Twin Ring Motegi. Kemudian di tahun 2018, pria berkebangsaan Spanyol ini mampu mendapatkan dua podium.

Sayangnya Vierge sempat puasa podium selama dua tahun, meski demikian di tahun 2020 mampu menyelesaikan kejuaraan di urutan ke-10.

Di tahun 2021, Vierge berhasil mendapatkan satu kali podium di Barcelona. Di tahun berikutnya, dia membuat debut perdana di WorldSBK bersama tim HRC dan menjadi salah satu rider rookie terkuat dan terus mengejar lebih banyak podium.

alt-img

3. Ruben Fernandez

Ruben Fernandez memulai karirnya di kelas Kejuaraan Motocross Eropa EMX250. Di kelas tersebut, Fernandez mampu menyelesaikan kejuaraan di posisi ketiga.

Fernandez sempat pindah ke ajang MX2 pada 2018 silam, namun di tahun berikutnya kembali ke kejuaraan EMX250.

Di tahun 2020, Fernandez kembali secara total di ajang MX2 dan mendapatkan posisi kesembilan di kejuaraan. Pada musim 2021, Fernandez bergabung dengan tim MX2 Honda 114 Motorsport, kemudian di seri ke-17 pindah ke kelas uatama MXGP.

Di tahun ini, Fernandez masih melanjutkan karirnya di kelas MXGP. Torehan terbaiknya berada di posisi ke-8 pada kejuaraan dengan dua kali finis di tempat ketiga.

alt-img

4. Tim Gasjer

Tim Gasjer memiliki prestasi yang gemilang, dirinya pernah menjadi Juara Dunia Motocross di kelas MX2 pada 2015. Kemudian Tim Gasjer pindah ke kelas utama MXGP pada tahun berikutnya dan memenangkan gelar juara bersama dengan gelar "Rookie of the Year".

Gasjer kemudian dinobatkan sebagai Juara Dunia Motocross FIM MXGP 2022. Dia bergabung dengan banyak atlet hebat lainnya sebagai Juara Dunia sebanyak lima kali untuk mengamankan gelar keempatnya dalam kelas MXGP utama.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini