icon-category Gadget

Mengenal The Freestyle, Proyektor Kekinian Buat Gen Z dari Samsung

  • 10 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Samsung The Freestyle (Dok. Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Samsung kembali melengkapi jajaran perangkat Smart Home mereka dengan meluncurkan perangkat proyektor portable yang ditargetkan untuk anak-anak muda atau Gen Z.

    Mengusung nama The Freestyle, proyektor ini mengedepankan fleksibilitas dimana pengguna dapat menggunakan perangkat ini dimana saja untuk menikmati tontonan hiburan dan konten-konten dengan praktis namun juga unik.

    Menurut Ubay Bayanudin, AV Product Marketing Head, Samsung Electronics Indonesia, Rabu, (09/11), "Berbeda dengan TV yang bersifat statis, produk The Freestyle ini sangat portable. Secara target, yang ingin kita sasar dengan produk ini adalah generasi milenial dan generasi Z."

    Baca juga: Era TV Digital, Samsung Pede Pasar Smart TV Makin Tumbuh

    Perangkat rumah pintar ini memiliki portabilitas tinggi dimana pengguna bisa mengarahkan proyektor 180 derajat tanpa ada kesan miring pada layar yang dipantulkan berkat teknologi Auto Keystone.

    Selain itu, perangkat ini juga punya bobot 830 gram dan bisa digunakan dimana saja menggunakan baterai eksternal dengan power output 50W/20V atau lebih sebagai sumber daya dan terhubung dengan mudah berkat port dan kabel Type-C.

    Layar yang dipancarkan oleh The Freestyle ini mulai dari 30 inci hingga 100 inci yang dapat diatur menggunakan Scale and Move. Perangkat ini juga sudah dilengkapi dengan fitur auto leveling untuk memastikan gambar tetap dalam posisi datar walau permukaan miring, fitur auto focus untuk kualitas gambar yang tajam dan jernih.

    Ada juga Smart Calibration yang secara otomatis akan mengoptimalkan kualitas gambar berdasarkan warna permukaan dan kondisi pencahayaan sekitar.

    Cara mengoperasikan smart device ini cukup mudah, tinggal menghubungkan Freestyle ke listrik, lalu tekan tombol power di perangkat maupun di remote. Pengguna juga perlu mengunduh aplikasi Smart Things di Android maupun iOS agar konten yang disajikan semakin beragam.

    Ketika dihidupkan, layar The Freestyle akan langsung menampilkan Smarthub untuk kemudahan menjelajahi konten-konten yang ada.

    Layar Smarthub ini akan menampilkan pengaturan Ambient Mode, dan aplikasi-aplikasi layanan streaming seperti Netflix, Prime Video, Apple TV, HBO GO, Vidio, Mola, YouTube, dan browser Internet.

    Untuk audionya, The Freestyle juga sudah dilengkapi suara yang cukup powerful ketika digunakan di luar ruangan. Perangkat ini menyajikan speaker 5W yang diperkuat teknologi dual passive radiators. Teknologi ini diklaim menghasilkan suara bass yang dalam dan jernih tanpa distorsi.

    Pengguna juga bisa mirroring konten-konten yang tersedia di smartphone. Caranya, gunakan fitur Tap View dengan cara mengetuk bagian belakang smartphone ke proyektor atau Smart View. 

    Bagi pengguna iOS, The Freestyle bisa dihubungkan untuk streaming musik, video, atau foto dengan mengaktifkan jaringan Wi-Fi yang sama dan juga Bluetooth, selanjutnya pilih Samsung Projector LSP3 dari menu AirPlay.

    Baca juga: Samsung Luncurkan Super Smart TV+ Murah, Sudah Dukung TV Digital

    Perangkat ini juga memiliki fitur Ambient Mode yang memungkinkannya memproyeksikan berbagai konten, termasuk custom design yang mengubah The Freestyle menjadi seperti semacam poster, karya seni, bahkan lampu.

    Beberapa keunggulan lain dari The Freestyle adalah bisa terhubung dengan mudah ke konsol game maupun perangkat lainnya melalui port Micro HDMI, dapat dikendalikan menggunakan voice assistant Bixby dengan cara menekan tombol Bixby yang ada di bagian atas remote control. 

    Dengan tombol ini, pengguna bisa mematikan perangkat, membuka aplikasi yang diinginkan, menaikkan atau menurunkan volume, memainkan musik, dan sebagainya.

    Perangkat ini sudah diperkenalkan pada bulan Maret lalu dan saat ini Samsung membanderol The Freestyle ini dengan harga di kisaran Rp11 jutaan. Pengguna juga bisa menggunakan aksesori berupa travel case yang waterproof dan antigores berstandar IP55 sebagai pelengkap dan pelindung perangkat multifungsi ini.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini