icon-category Auto

Mengenal Teknologi Suzuki Smart Hybrid, Kapan Dijual di Indonesia?

  • 06 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Ramai-ramai pabrikan mobil di Tanah Air memamerkan teknologi elektrifikasi terbarunya. Termasuk Suzuki Indonesia yang memanfaatkan ajang IIMS 2022 untuk mengenalkan teknologi Suzuki Smart Hybrid. 

    Menanggapi isu elektrifikasi pada kendaraan yang dinilai lebih efisien, Suzuki melakukan research and development dalam merancang sistem SHVS atau Smart Hybrid Vehicle System. 

    Dibangun dengan kombinasi DUALJET sebagai mesin canggih untuk efisiensi termal yang luar biasa serta ISG atau Integrated Starter Generator sebagai generator yang memiliki fungsi sebagai motor penggerak untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dengan memberikan bantuan tenaga ke mesin.

    BACA JUGA: Beda Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 vs. Kijang Innova EV Concept

    Sistem SHVS yang dipamerkan di booth Suzuki mengemas baterai utama yang ringan dan ringkas, dirancang untuk masa pakai yang lebih lama. Suzuki Smart Hybrid ini dinilai ringan, compact, dan hemat energi sehingga sangat ideal untuk compact car dengan kemampuan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien.

    Sedikit teaser mengenai teknologi-teknologi Suzuki dalam menghadapi era hybrid yang lebih modern ini disematkan dalam tiga unit mobil konsep yang dipamerkan di Booth Suzuki.

    "Dengan display produk ini, Suzuki menuju ke arah kendaraan elektrifikasi," ujar 4W Marketing Director PT SIS Donny Saputra.

    Suzuki mengklaim platform ini sudah tersedia secara global dan teknologinya akan terus dikembangkan setiap saat.

    "Bisa dicek, apakah platform ini sama dengan di waktu 2017? Tentunya berbeda, karena dikembangkan terus tiap tahun," paparnya.

    Sayangnya Suzuki belum mau memberikan informasi bakal diterapkan di mobil yang mana teknologi ini. 

    BACA JUGA: Segini Pajak Tahunan Hyundai Creta

    "Karena ini teknologi baru, belum diaplikasikan ke kendaraan. Modelnya seperti apa, belum bisa disampaikan karena butuh proses. Saat ini masih edukasi ke konsumen, ke internal, dan ke operasional diler. Dan proses lain yang dibutuhkan, pada saatnya akan disampaikan," tambahnya.

    Salah satu tujuan besar penggunaan platform baru ini agar Suzuki dapat menawarkan sebuah mobil ramah lingkungan yang punya harga jual terjangkau dan hemat bahan bakar.

    VIDEO Ada Apa di IIMS 2022?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini