home ×
Gadget

Mengenang Penemuan Hebat LG di Bidang Smartphone

06 April 2021 By
Mengenang Penemuan Hebat LG di Bidang Smartphone
Share
Share
Share
Share

Salah satu ponsel LG (Foto: GSM Arena)

Uzone.id - LG telah resmi menghentikan bisnis ponsel pintar mereka pada 4 April 2021. Padahal, beberapa tahun ke belakang produksi ponsel LG memang mengalami kerugian sehingga terpaksa undur diri dan fokus pada bisnis lain yang masih terus berkembang.

Terlepas dari kerugian yang dialami, LG telah memberikan banyak inovasi selama bertahun-tahun. Untuk itu, mari kita lihat inovasi hebat apa saja yang telah disumbangkan LG sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras mereka selama ini.

Jadi Pelopor Ponsel Touchscreen Pertama

LG tak selalu dapat pengakuan yang layak dari mata masyarakat. Misalnya saja, LG KE850 Prada, ponsel pertama dengan layar sentuh dan UI all-touch diluncurkan pada Desember 2006. Selang satu bulan kemudian iPhone juga merilis produk pertama mereka dan merebut perhatian masyarakat.

Baca juga: Daftar Vendor yang Hengkang dari Bisnis Ponsel

Sorot lampu yang lebih besar ke Apple, sehingga iPhone dianggap menjadi pelopor ponsel layar sentuh pertama di dunia telepon genggam. Padahal secara perilisan, LG yang lebih dulu mempelopori ponsel layar sentuh. Kontribusi besar dari LG terkait hal ini luput dari pemberitaan dan seakan dilupakan begitu saja.

Smartphone dengan video slow motion pertama

Selanjutnya, pada tahun 2007, LG meluncurkan smartphone pertama yang merekam video slow motion. Smartphone KU990 Viewty memiliki kemampuan untuk menangkap klip resolusi 320p pada 120fps, yang dapat memperlambat video hingga 4 kali lebih lambat.

Berbagai inovasi pada kamera ponsel

LG memiliki banyak inovasi khususnya pada sektor kamera. Seperti LG Optimus 2X yang diluncurkan pada 2011, menjadikan LG Optimus 2X sebagai ponsel pertama yang dapat merekam video berkualitas Full HD.

Pada tahun yang sama, LG juga meluncurkan salah satu ponsel pertama dengan kamera ganda, LG Optimus 3D. Jenis 3D ini tak bertahan cukup lama dan pembuatnya kembali menggunakan kamera tunggal.

LG G5 (Foto: Ist)

Kamera ganda ini muncul kembali ketika LG G5 diperkenalkan pada 2016, ponsel ini memiliki kamera ganda serbabisa pertama dengan kamera utama 16MP (75º FoV) dan kamera sudut ultrawide 8MP (dengan FoV 135º yang sangat lebar). Berbeda dengan sekarang, ponsel level mid saja sudah dilengkapi lensa ultrawide.

Semangat LG dalam memberikan inovasi dibidang kamera memang harus diacungi jempol. Bahkan LG dengan ponselnya Optimus 2X mencatat rekor dunia dalam Guiness Book sebagai smartphone pertama dengan prosesor dual-core.

Baca juga: Bisnis Ponsel LG Mati, Makin Dikepung Vendor Asal China

Sayangnya, LG Optimus 4X HD hanya terlambat satu bulan saja dari pendahulunya untuk menjadi ponsel quad-core pertama di pasar ponsel. LG Optimus G yang dirilis tahun 2012 berhasil menjadi ponsel pertama yang dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon S4 Pro versi baru.

Series Optimus G menjadi andalan baru LG, termasuk LG G5 dan LG G3 yang menjadi ponsel pertama yang tersedia secara global dengan layar 1440p.

Desain Ponsel Unik dan Terdepan

Tak hanya memiliki banyak inovasi dibidang kamera, LG juga seringkali menjadi perusahaan terdepan dalam desain produknya.

Dirilis 2009, LG BL40 New Chocolate jadi ponsel pertama yang memiliki layar dengan rasio aspek 21: 9 ultra-wide. Awalnya, desain ini jadi bahan ejekan karena dianggap mirip remote control, tapi sekarang perusahaan lain justru banyak menggunakan layar ultra-wide pada perangkat mereka.

Baca juga: LG Konfirmasi Keluar dari Bisnis Ponsel Pintar

LG 5G mungkin menjadi ponsel Android modular pertama setelah Project Ara dari Google tidak pernah dirilis. Meski Sistem Magic Slot nya tak diterapkan dengan baik, tapi setidaknya LG tak takut mencoba sesuatu yang baru.

Nexus 4 bisa disebut sebagai ponsel flagship killer pertama. Meski muncul telat pada 2012 dengan harga USD 300an tapi ponsel ini memiliki chipset andalan Snapdragon S4 Pro. Nexus 4 juga menjadi Android pertama yang mendukung pengisian nirkabel Qi, yang lagi-lagi jadi standar bagi smartphone modern.

Terobosan LG juga dilakukan pada sektor audiophile, banyak pihak mengagumi Quad DAC yang memulai debutnya pada LG V20. LG V20 menjadi ponsel pertama yang dirilis dengan Android 7.0 Nougat. LG V20 juga diklaim sebagai ponsel pertama yang memanfaatkan stabilisasi video digital Qualcomm.

Ponsel fleksibel pertama

LG G Flex menjadi ponsel fleksibel pertama di dunia, berkat layar P-OLED dan baterai unik LiPo, keduanya menjadi perangkat pertama di jenisnya dan dikembangkan sendiri oleh LG.

LG G Flex memang tidak sefleksibel ponsel-ponsel lipat sekarang, tapi inovasi LG dalam komponen smartphone telah membantu merek lain dalam menciptakan perangkat yang lebih baik. Misalnya saja, LG membuat baterai berbentuk L untuk iPhone di 2018 dan bukan tidak mungkin jika mereka mengembangkan layar lipat untuk perusahaan Apple.

Sangat disayangkan bahwa inovasi-inovasi ini tak pernah berhasil dimanfaatkan LG, padahal selama bertahun-tahun perusahaan ini membuat ponsel yang sangat menarik.

Tentu smartphone LG akan sangat dirindukan oleh penggunanya, terlebih semangat inovatif dan pemikiran out of the box menjadi ciri khas perusahaan ini.

Kami menunggu inovasi-inovasi terbaru perusahaan LG di masa yang akan datang dan berharap dapat diterapkan pada berbagai jenis elektronik yang mereka produksi.

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id