home ×
Telco

Menghitung Biaya Data Video Call WhatsApp untuk ‘Sungkem Online’

16 May 2020 By
Menghitung Biaya Data Video Call WhatsApp untuk ‘Sungkem Online’
Share
Share
Share
Share

Uzone.id - Hampir dipastikan Lebaran Tahun 2020 ini akan berbeda dengan hari raya sebelumnya. Tidak ada mudik ke kampung halaman karena Covid-19, jadi di rumah aja.

Walaupun tidak bisa mudik, bukan berarti kesakralan Lebaran 2020 bisa hilang begitu saja. Kamu bisa kok manfaatkan aplikasi di ponsel pintarmu untuk bersilaturahmi atau bahkan ‘sungkem’ secara online.

Menggunakan video call WhatsApp salah satunya. Kami yakin, aplikasi punya Facebook ini hampir ada tersedia di peranti genggam kalian.

Fitur video call yang sudah hadir sejak dua tahun ini, terus ditingkatkan kemampuannya. Terbaru, video call-an di WhatsApp ini sudah bisa menampung hingga 8 orang sekaligus.

Ilustrasi :Foto: Dok Samsung



Kami pun mencoba  memeriksa konsumsi data pada video call WhatsApp pada beberapa jaringan operator, salah satunya adalah Indosat Ooredo.

Untuk melihat berapa banyak data yang digunakan per menit panggilan video WhatsApp dan bagaimana kualitas panggilan tetap terjaga, kami memanfaatkan aplikasi pihak ketiga.

Sebagai catatan, kami  tidak dapat menjamin bahwa ini harus menjadi hasil dan penggunaan data yang sama untuk semua orang karena itu juga tergantung pada jaringan  dan kecepatan kamu dapatkan, tetapi penggunaan data harus cukup dekat dengan apa yang kami temukan.

Cara Pengujian

Untuk mengetahui hasil mendekati tepat, kami me-reset terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang diinstal di Samsung Galaxy S9.

Sebelumnya, kami juga memasang aplikasi MyManager, untuk menghitung berapa penggunaan data selama memanfaatkan video Call WhatsApp.

Baca juga: Ngabuburit Nonton Drakor Pakai 4G LTE Murah

Seperti sudah kami katakan di atas, untuk pengujian ini kami menggunakan jaringan Indosat Ooredo. Menginstall aplikasi Speedtest dari Ookla juga kami lakukan untuk mengecek kecepatan dan kualitas jaringan internet.

Hasil pengujian

Kami melakukan pengujian sekitar pukul 18.30 WIB di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Sementara kami melakukan panggilan video call ke operator lain, di beberapa kawasan, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Sebelum melakukan video call, kami mengetest jaringan menggunakan Speedtest, hasilnya ketika berada di jaringan 4G+ Indosaat Ooredo kami mendapatkan hasil kecepatan download 32 Mbps dan unggah 3 Mbps.

Pengujian video call WhatsApp pun dimaksimalkan dengan 8 orang sekaligus, seperti kuota maksimal yang dintentukan.

Kami melakukan panggilan video ini selama lebih dari 10 menit. Dengan kecepatan rata-rata yang didapatkan kami mendapatkan kualitas video yang bagus, baik dari sisi gambar dan suara. Lancar jaya.

Hasil pengujian WhatsApp menggunakan Indosat Ooredo



Setelah melakukan panggilan video selama 10 menit, kami pun mengecek di aplikasi MyDataManager, terlihat jumlah data yang tersedot adalah 66MB.

Ini artinya setiap menit kurang lebih kami menghabiskan data antara 6MB.

Harga yang dikeluarkan

Nah, soal harga, kami menghitungnya begini. Mula-mula kami membeli  pulsa Rp 50 ribu dengan paket pembelian Freedom Internet seharga Rp 25 ribu untuk kuota 25GB selama 30 hari dari Indosat Ooredo.

Berarti, untuk pemakaian internet Indosat Ooredo sebanyak 1GB dihargain seribu rupiah.

Baca juga: Silahturahmi Digital Cuma Modal Rp 19 Ribuan

Maka, bila membutuhkan 1 menit untuk menghabiskan 6 MB, maka kamu perlu 2 jam lebih untuk menghabiskan Rp1000 alias 1 GB saat melakukan video call grup di WhatsApp.



Dengan asumsi Rp 25 ribu untuk 25GB dari paket Freedom Internet Indosat Ooredo, kamu bisa menghabiskan 25 jam untuk menggunakan video call grup di WhatsApp.

Sangat memuaskan bukan? Lalu, buat apa lagi maksain diri mudik di tengah pandemi seperti saat ini, mending silahturahmi online saja.





Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Miskin aman 18 May 2020 | 15:28:36

lumayan agak boros juga kalau sering pakai

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article