icon-category Digilife

Menuju Prambanan Jazz Festival, Ini 2 Musisi Jawara dari Jawa Barat

  • 06 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Pagelaran Acara JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022 (Dok. Vina/Uzone.id)

    Uzone.id - Kompetisi musik JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022 sudah memasuki Grand Final untuk wilayah Jawa Barat. Dari 10 peserta yang lolos, ada 2 peserta yang akan lolos dan 1 peserta lainnya akan menjadi pemenang pilihan,

    10 musisi Jawa Barat yang berhasil lolos ke babak akhir ini adalah Eliya, Iman, Sendi Rian, Ines Balladiva, Anthesianz, Kim Mendayu, Djari, Vellystig, Wiselly Wijaya dan Erwin (Erby West Java).

    Dalam acara Grand Final yang diselenggarakan di Gedung Teater Indigo, Telkom University, Senin, (06/06/2022), sepuluh musisi ini menunjukkan karya-karyanya di depan para juri secara langsung dengan format live performance.

    Ruby Hendrarto Wijoseno, VP Digital-Life Distribution Business Metranet mengatakan, "Kepada 10 peserta, saya ucapkan selamat, tapi perjalanan masih berlanjut, karena akan dipilih menjadi dua. Ini tentunya akan menjadi kesempatan yang langka bagi peserta. Sekali lagi, nikmati kompetisi ini dan jangan lupa bersyukur karena kita sudah bisa berkumpul secara offline."

    Acara ini dibuka oleh penampilan dari Wiselly Wijaya yang tampil secara solo dengan lagunya yang berjudul ‘Peta’. Penampilan selanjutnya dipersembahkan oleh Inez Balladiva dengan lagunya ‘Indonesia Tangguh’, dilanjut oleh Sendi Rian ‘Dinamika’.

    Baca juga: Musisi Jabar-Jakarta, Saatnya Ikut Kompetisi Prambanan Jazz Festival

    Kemudian ada band Djari yang menyanyikan lagu berjudul ‘Sepi’, Erwin (Erby West Java) ‘Perayaan Patah Hati’, Anthesianz ‘Kanekessian’, Eliya ‘Mimpi Indah’, Iman ‘Ketika’, kemudian dilanjut band kedua Vellystig ‘Seukeul nan Bohay’ dan terakhir ditutup oleh penampilan Kim Mendayu dengan lagu ‘Penantianku’.

    Dari ke-10 ini, 2 pemenang menjadi perwakilan musisi Jawa Barat di Prambanan Jazz Festival 2022 dan berhak mendapatkan hadiah Rp8 juta untuk juara 1 dan Rp7 juta untuk juara 2. Untuk juara tiga sebagai pilihan favorit juri akan berhak mendapatkan uang sebesar Rp5 juta.

    Juara 1 kompetisi JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022 adalah Anthesianz dengan mempersembahkan lagu Kanekessian dengan sentuhan etnik budaya lokal Indonesia.

    Foto: Juara 1 JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022

    Menurut 3 juri yang menilai, Anthesianz yang tampil ‘nyentrik’ ini memiliki penampilan yang performatif, mengangkat etnik lokal berdasarkan riset sehingga memiliki basic ketika mempersembahkan karyanya.

    Namun, penampilannya ini tetap memiliki catatan dari para juri, Menurut Marine Ramdhani, Anthesianz masih kurang dalam melakukan eksplorasi sehingga ini akan jadi ‘PR’ selanjutnya.

    “Jika lebih dalam mengeksplorasi, karyanya akan menjadi karya eksperimental yang lebih baik,” tambahnya.

    Juara 2 dari kompetisi JAWARA Ini adalah Sendi Rian, solois yang satu ini berhasil memukau juri dengan kelebihannya yang dianggap menyatu dengan alat musik yang ia gunakan.

    Foto: Juara 2 JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022

    “Ia memiliki musikalitas yang baik dan juga komunikatif,” kata Kiki Pea, salah satu juri yang juga merupakan seorang jurnalis musik.

    “Salah satu syarat mutlak untuk perform di panggung besar adalah komunikatif, dan Sendi Rian memiliki syarat itu,” tambahnya.

    Selanjutnya, Juara favorit yang merupakan pilihan juri jatuh kepada Inez Balladiva, ia berhak mendapat hadiah sebesar Rp5 juta berkat performnya yang dinilai energik.

    Foto: Juara 'Favorit' JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022

    Baca juga: Pakai Jaringan Telkom, Prambanan Jazz Festival 2021 Dipastikan Lancar

    “Performanya oke, energik dan cukup menghibur, lagunya juga bertema nusantara,” kata Ajeng KF.

    Dengan diumumkannya Anthesianz dan Sendi Rian sebagai juara JAWARA Menuju Prambanan Jazz Festival 2022, maka diumumkan pula keduanya sebagai salah satu pengisi acara yang digelar pada 1 hingga 3 Juli 2022.

    “Kami ucapkan selamat atas prestasinya, karena (kemenangan) ini diraih dengan cara tidak mudah. Seleksinya juga ketat, dari ratusan peserta menjadi 20 lalu 10, dan dari 10 ini dipilih menjadi 2 pemenang,” ungkap Prayudi Utomo, Deputi EVP Marketing Telkom Regional 3.

    Prambanan Jazz Festival 2022 akan diselenggarakan secara offline dan juga online. Ini akan jadi pagelaran yang dihadiri penonton pertama setelah pandemi usai. iKonser sebagai platform konser online akan menayangkan Prambanan Jazz Festival 2022 untuk penonton yang ingin menikmati kemeriahan festival ini dari rumah.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini