icon-category Auto

Menyiksa OMODA 5 GT AWD di Jalur Non Aspal, Emang Sanggup?

  • 10 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Chery melakukan langkah berani dengan mempersenjatai OMODA 5 dengan emblem GT dan dilengkapi pula dengan sistem penggeraqk All Wheel Drive (AWD). Padanan tersebut menjadikan OMODA 5 GT AWD sebagai flagship dan jadi OMODA termahal di Tanah Air.

Mungkin banyak yang meragukan kemampuan dari OMODA 5 GT berpenggerak AWD. Kami pun meragukan kalau sistem AWD bisa benar-benar bekerja dan berfaedah ketika di pakai.

Namun semua itu sirna ketika kami berkesempatan untuk mencoba langsung OMODA 5 GT AWD. Sengaja kami mencari lokasi yang sedikit ekstrem, dengan kontur jalan di dominasi permukaan non aspal.

Detail desain dan perbedaan dengan varian standar

alt-img

Sebelum membahas lebih lanjut soal bagaimana performa OMODA 5 GT AWD di lintasan non aspal, kami ingin membahas soal deatil perbedaan OMODA 5 GT AWD dari varian OMODA 5 lainnya.

Mulai dari desainnya yang kini tidak ada lagi logo Chery di bagian grill depannya, yang diganti dengan emblem bertuliskan OMODA di ujung kap mesin.

Kemudian, ciri lain adalah adanya sejumlah aksen orange pada sekujur bodinya. Mulai dari bumper, spion, side skirt, sampai bumper belakang. OMODA 5 GT AWD juga mengusung warna body dual tone.

Chery juga membekali OMODA 5 GT AWD dengan diameter pelek lebih besar, yakni 19 inci yang didesain dengan laburan warna hitam matte.

alt-img

Di dalam kabinnya, sebenarnya secara umum masih mirip-mirip. Dual screen pada dasbor, konsul tengah dengan tuas transmisi futuristis, yang juga dilengkapi dengan wireless charging 50 watt, serta sejumlah aksen titanium orange pada beberapa trim di kabin.

Tambahan fitur yang cuma ada di OMODA 5 GT AWD

Selain fitur-fitur canggih yang sudah jadi standar di keluarga OMODA, versi GT AWD ini juga sudah mengusung sistem keselamatan aktif ADAS yang terdiri dari 11 menu fitur pendukung keselamatan dengan penambahan L2+ Autonomous Driving System.

alt-img

Varian AWD dilengkapi dengan Driver Monitoring System untuk memberikan perhatian khusus terhadap kondisi pengemudi.

Selain itu, tersedia 6 mode berkendara, mulai dari mode Normal dan ECO untuk penggunaan sehari-hari, mode Sport agresif untuk perjalanan jalan raya, serta mud, gravel dan offroad.

Saat mencoba beberapa mode berkendara, memang terasa sekali perbedaan dari masing-masing karakter mode tersebut. Mode sport yang membuat mobil jadi jauh lebih agresif, sampai mode offroad yang membuat mobil jadi lebih terasa punya traksi tambahan.

alt-img

Selain itu, OMODA 5 GT AWD juga sudah mengusung kamera 540, dimana layar tidak hanya menampilan mobil keseluruhan secara horizontal, juga vertikal, dimana bagian kolong mobil pu jadi terpantau oleh kamera.

Performa mesin, handling dan konsumsi BBM

Bagian ini paling menarik, karena disinilah OMODA 5 GT menjawab semua keraguan soal mobil futuristis yang digdaya untuk melibas jalanan non aspal.

Bermodal mesin berkapasitas 1.600cc turbo, yang sanggup menghasilkan daya sebesar 197 Hp dan torsinya 290 Nm, membuat akselarasi OMODA 5 GT AWD seolah tanpa masalah. Mobil terasa sangat bertenaga.

alt-img

Apalagi dukungan transmisi kopling ganda DCT 7 percepatannya, yang punya respon sangat agresif. Kalian tidak akan menemukan transmisi yabng halus layaknya CVT, tapi sebuah transmisi yang bakal memanjakan adrenaline saat mobil dikebut.

Pada lintasan tanah, kami sengaja memilih mode berkendara offroad. Seketika, traksi mobil jadi lebih terasa dan respon dari gas jadi lebih reaktif, untuk mengail torsi yang memang dibutuhkan pada jalanan non aspal.

Menariknya lagi, Chery sudah menyematkan suspensi sistem Multilink independent pada kaki-kakinya. Hal ini membuat mobil jadi lebih minim guncangan saat melibas jalan rusak, bebatuan, dan tanah.

alt-img

Pergerakan mobil jadi lebih terkendali dan rebound yang diberikan oleh suspensi belakangnya juga cukup baik, sehingga penumpang di dalam kabin tidak mengalami guncangan yang menganggu kenyamanan.

Dan setelah seharian mengajak OMODA 5 GT AWD melibas rute non aspal, kami juga masih dibuat terkejut dengan konsumsi bahan bakarnya. Pada catatan MID, tertera angka 7,5 liter per 100 km, yang artinya, untuk 1 liter BBM, bisa untuk menempuh jarak sejauh 13,3 km.

Sebagai catatan, hasil konsumsi BBM ini tentu saja tidak bisa dijadikan patokan, karena akan berbeda-beda pada setiap mobil dan pengemudinya.

alt-img

Kesimpulan, harian nyaman, kemana aja ayo!

OMODA 5 GT AWD seolah memberikan berbagai solusi untuk para penggunanya. Mobil ini nyaman dan punya segudang fitur canggih ketika dipakai harian di perkotaan. Apalagi dengan desainnya yang eksentrik.

Tapi kalau di akhir pekan ingin diajak berpetualang menghadapi berbagai medan jalan, spesifikasi dan usungan fitur-fiturnya juga ternyata cukup mendukung.

Terakhir soal harganya. Meskipun jadi OMODA paling mahal, namun di kelasnya, mobil AWD ini punya harga yang masih terjangkau, di bawah Rp500 jutaan, tepatnya Rp488 juta on the road Jakarta.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini