icon-category Digilife

Metaverse Telkom Berisi NFT dan Konser Virtual, Ini Harapan Fajrin Rasyid

  • 25 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – ‘Demam’ metaverse dan segala tren yang berkaitan dengan dunia serba digital memang begitu gencar ‘menjangkit’ masyarakat, tak terkecuali instansi besar seperti Telkom Indonesia. Metaverse hingga NFT mulai dilirik sebagai sektor menarik sebagai peluang kolaborasi.

    Menjelang perayaan Idul Fitri, Telkom memperkenalkan ekosistem virtualnya dengan nama yang mudah diingat, yakni Telkom Metaverse Ecosystem. Sesuai namanya, di dalamnya berisi beberapa hal yang seharusnya dapat menarik minat anak muda yang melek perkembangan teknologi.

    Ada marketplace Selasar NFT dan Merchnesia yang menjadi platform berisi konser virtual dan hal-hal serba digital lainnya.

    Kira-kira dengan adanya ekosistem metaverse dari Telkom ini, apa harapan yang ingin dicapai?

    Baca juga: Anak Muda Harus Tahu Telkom Metaverse Ecosystem, Apa Saja Isinya?

    “Dua hal ini, NFT dan metaverse adalah industri yang baru, sehingga kita melakukan inkubasi-inkubasi untuk melihat bidang yang kira-kira akan tumbuh pesat ke depannya,” ungkap Direktur Digital Business Telkom Indonesia, Fajrin Rasyid saat dihubungi Uzone.id pada 24 April 2022.

    Ia melanjutkan, “kita ingin menjadi bagian penting di dalam ekosistem ini, oleh karena itu kita terbuka juga untuk bermitra dengan pihak-pihak lain. Beberapa yang sudah dilakukan misalnya kita bekerja sama dengan art-popup.com untuk membuat festival NFT offline. Kita juga bekerja sama dengan Pusakata dalam menyelenggarakan konser virtual di metaverse kemarin.”

    Di dalam platform Merchnesia telah digelar konser virtual perdana Pusakata mulai 23 April 2022 pukul 16.00 WIB. Pemilihan waktunya pun kemudian dianggap ini adalah konser virtual yang “anak senja banget”.

    Ketika konser dimulai, pintu di ruangan yang semula tertutup akan dibuka, kalian bisa langsung keluar menuju luar ruangan. Selanjutnya, kalian akan disajikan sebuah pemandangan dimana tempat konser digelar, yaitu sisi pantai dengan pemandangan sunset dan juga alam sekitar seakan-akan kita di dunia dongeng.

    Baca juga: Keseruan Nonton Konser Pusakata ala Anak Senja di Metaverse Telkom

    Konser yang digelar di virtual world ini dikemas selaras dengan tajuk konsernya, yaitu “Panggung Anak Senja”.

    Tampilan sisi pantai dengan langit senja yang menarik dan imajinatif memberikan kesan hangat yang membuat penonton larut dalam alunan musik dan suara indah sang penyanyi, membuat kami semakin menikmati konser musik ini.

    Konser virtual di ‘alam’ metaverse seperti ini memang terasa begitu mengedepankan pengalaman user melalui pergantian suasana dan detail secara visual.

    Kehadiran Telkom Metaverse Ecosystem ini secara umum juga diharapkan dapat berkontribusi untuk memastikan nilai-nilai dari teknologi digital ini bisa memberikan manfaat ke banyak pihak, terutama mereka yang bergerak di bidang industri kreatif seperti musik, desain, game, dan lain sebagainya.

     

     

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini