home ×
Digilife

Microsoft Cortana Jadi Aplikasi Mandiri di Android dan iOS

02 March 2020 By
Microsoft Cortana Jadi Aplikasi Mandiri di Android dan iOS
Uzone

 

Uzone.id - Microsoft memutuskan untuk melepas asisten virtual miliknya di dalam Android app launcher miliknya. Cortana tak akan lagi bisa ditemukan dalam Microsoft Launcher mulai akhir bulan ini.

Microsoft memang memiliki asisten virtual bernama Cortana. Namun sayang, pamornya terlindas oleh asisten virtual lain, khususnya buatan Google dan Apple. Google punya Google Assistant, sedangkan Apple punya Siri di perangkat mereka masing-masing. Belum lagi Amazon dengan Alexa.

 Para pengguna Cortana yang kadung jatuh cinta dengan asisten virtual ini masih bisa menggunakannya dengan cara menginstal aplikasi Cortana dari Google PlayStore.

Baca juga: Anak Steve Jobs Tak Dapat Warisan

"Ini kami lakukan agar Cortana bisa menjadi asisten digital yang lebih produktif dan bisa membantu penggunanya dengan lebih baik," ujar pihak Microsoft dalam postingan di blog-nya, seperti dikutip dari PhoneArena.

Cortana biasanya digunakan sebagai pengingat jadwal karena bisa terintegrasi dengan kalender di perangkat. Bisa juga menambahkan target tugas baru dalam Microsoft To Do, yang juga terhubung dengan Cortana.

"Nantinya, Cortana tidak akan mengalami banyak perubahan. Dia masih akan bisa membuat lelucon untuk anda, memberi jawaban atas pertanyaan di mesin pencari Bing, mengatur alarm dan timer, membuka aplikasi, dan membuat perubahan pada pengaturan perangkat," katanya.

Baca juga: Penjualan Samsung Galaxy S20 Lesu

Intinya, untuk bisa melakukan semua itu, pengguna tidak bisa lagi memerintah Cortana dari Microsoft Launcher. Cortana telah memiliki aplikasi sendiri di PlayStore dan AppStore yang sudah bisa diunduh sejak sekarang.

Cortana akan benar-benar menghilang dari Microsoft Launcher mulai 1 Maret 2020.

Namun sayang, sejak bulan lalu, aplikasi Cortana sudah tidak lagi tersedia untuk beberapa negara seperti Inggris, Australia, Jerman, Meksiko, China, Spanyol, Kanada dan India.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
pejuang 06 March 2020 | 21:26:38

aplikasi dari microsof ini sangat di gunakan oleh semua ponsel

Miskin aman 03 March 2020 | 21:11:40

apakah akan di gantikan dengan yang lain

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article