icon-category Auto

Mobil ‘Tukang Tahu’ Ikonik, Toyota AE86 Dikonversi jadi Listrik

  • 16 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Toyota

Uzone.id - Tokyo Auto Salon 2023 secara apik menampilkan mobil ikonik ‘Tukang Tahu’ Toyota AE86 yang sudah dimodifikasi menjadi mobil listrik.

Orang nomor satu Toyota sendiri, Akio Toyoda, yang memperkenalkan mobil listrik dari bassis Toyota AE86 era tahun 1980an tersebut.

Seperti dikutip Uzone dari Reuters, Toyoda mengatakan kalau remodeling mobil yang ada perlu dieksplorasi sebagai opsi untuk mencapai tujuan nol emisi karbon pada tahun 2050.

"Sangat penting untuk meninggalkan pilihan untuk mobil yang sudah dicintai atau dimiliki oleh seseorang," kata Toyoda di Tokyo Auto Salon 2023.

BACA JUGA: Test Drive Chery Tiggo 8 Pro, Superpower First Class!

Ada dua versi yang dipamerkan, versi Hidrogen dan versi full listrik. Secara tampilan, Toyota AE86 versi Hidrogen identik dengan versi mesin konvensionalnya yang bergaya Trueno.

Ciri khas lampu model pop-up tetap dipertahankan, begitu juga dengan nuansa dua warna putih dan hitam yang khas, serta grafis tulisan kanji Jepang di bagian samping bodinya.

Pada mesinnya, 4-silinder tetap dipertahankan. Tapi, dimodifikasi pada bagian injektor bahan bakar, pipa bahan bakar, dan businya, agar bisa sesuai dengan spesifikasi sistem hidrogen.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

Sementara AE86 versi listrik, mengusung gaya desain Levin dengan lampu depannya model standar, juga dengan laburan dua warna bodi hitam dan putih, plus tulisan kanji di bagian samping bodinya.

Motor listriknya diambil dari Tundra Hybrid, baterai pak dari Prius PHEV, dan komponen lainnya diambil dari model Toyota dan Lexus.

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini