icon-category Telco

Modus Penipuan Berkedok IndiHome, Telkom Imbau Tetap Waspada

  • 14 Jan 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Modus penipuan yang mencatut nama layanan-layanan populer terus terjadi, dan para scammer pun seolah terus bersiasat agar dapat mengelabui korban dengan cara sederhana. Layanan internet IndiHome pun tak terkecuali.

Telkom Indonesia memperingatkan para pelanggan mengenai modus penipuan berkedok layanan customer service yang belakangan sering terjadi, khususnya yang mengaku dari IndiHome.

Tindakan penipuan kepada korban ditengarai menggunakan calling machine otomatis agar secara langsung mengarahkan pelanggan untuk berbicara kepada customer service palsu dengan menekan angka 9 atau 1 di telepon.

Kemudian pelaku akan menyampaikan bahwa nomor pelanggan telah disalahgunakan sehingga adanya tunggakan yang harus diselesaikan dan akan diteruskan kepada pihak yang berwenang.

Modus penipuan yang dilakukan kerap kali berujung pada pemindahan sejumlah uang pelanggan kepada pelaku penipuan.

Baca juga: Logee Dorong Digitalisasi Ekspor-Impor di Terminal Peti Kemas Pelabuhan

“IndiHome mengimbau kepada pelanggan dan seluruh masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan Telkom. Modus yang marak terjadi saat ini adalah permintaan untuk melakukan transaksi sejumlah uang melalui nomor rekening pribadi untuk membuka blokir atau tagihan yang menunggak,” ujar VP Marketing Management Telkom, E. Kurniawan dalam keterangannya yang diterima Uzone.id.

Kurniawan kemudian mengingatkan bahwa semua tagihan dan proses transaksi dengan pelanggan hanya menggunakan kanal resmi dari Telkom.

“Jika pihak kami harus menghubungi pelanggan melalui sambungan telepon tidak akan bertanya terkait data penting pelanggan. Pelanggan bisa mengkonfirmasi informasi tersebut ke kanal resmi kami di media sosial @indihomecare, contact center 147, maupun Grapari TelkomGroup terdekat”, lanjut Kurniawan.

Baca juga: Telkom University Juara Innovillage, Bikin Inovasi Digital buat Petani

Sebagai tindak preventif, Telkom mengimbau kepada para pelanggan agar menjaga kerahasiaan data pribadi yang dimiliki seperti nomor KTP, OTP, dan nomor rekening tabungan.

Pelanggan juga diharapkan tidak melakukan kegiatan transaksi apapun yang ditujukan ke nomor rekening pribadi maupun menanggapi telepon yang mengatasnamakan Telkom yang diterima dari nomor personal tidak dikenal.

Langkah terakhir untuk menghindari tindak penipuan, pelanggan IndiHome maupun Telkom dapat mengkonfirmasi informasi yang didapat dengan menghubungi kanal resmi IndiHome atau secara langsung datang ke Grapari TelkomGroup terdekat.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini