icon-category Auto

Motor Listrik Buatan Moeldoko Sekeren Apa?

  • 14 Jul 2022 WIB
Bagikan :
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menjajal motor purwarupa MAB ML-01 (Foto: Instagram @dr_moeldoko)

Uzone.id - Moeldoko tak sekedar Jenderal Purnawirawan TNI. Pria yang kini menjabat Kepala Staf Kepresidenan sangat peduli dengan kemandirian Indonesia di bidang industri kendaraan listrik.

Oleh karena itu, Moeldoko pun mendirikan perusahaan bernama PT Mobil Anak Bangsa Indonesia atau MAB untuk memproduksi kendaraan listrik.

Pada tahun 2018, MAB mulai unjuk gigi dengan memamerkan bus listrik di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) di Jakarta Convention Center (JCC)

Di pameran GIICOMVEC, MAB secara perdana memamerkan bus listrik bernama Maxvel.

BACA JUGA: Wuling Air ev Sudah Bisa Dipesan Lewat Online

Bus listrik MAB dengan tipe MD 12E NF seharga Rp4,5 miliar sudah dijadikan transportasi Paiton Energy sejak akhir tahun 2019.

MD 12E NF membawa baterai LifePo water cooled berkapasitas 250 Kwh-404 Ah dan pakai tipe motor permanent magnet syhchronous motor bertenaga 150 KW (rated) 200 KW (peak) dan torsi 1.194 NM (Rated) 2.000 NM (peak).

Dengan kapasitas itu, MD 12E NF diklaim punya kecepatan maksimal 100 km.

Moeldoko mengatakan saat itu bahwa PPD sudah memesan bus listrik MAB sebanyak 110 unit.

"Kami juga mengembangkan bus listrik berdimensi 8 meter dan 8 meter ke bawah untuk angkutan kota," tutur Moeldoko, dilansir situs resmi MAB.

BACA JUGA: Merasakan Sensasi BMW X3 xDrive30i M Sport, SAV Harga Rp1,34 M

Pamer Motor Listrik MAB ML-01

Inovasi MAB membuat kendaraan listrik gak mentok di bus saja. Moeldoko telah bikin kejutan dengan memamerkan purwarupa motor listrik MAB ML-01 melalui video yang dibagikan di akun Instagram @dr_moeldoko.

Moeldoko terlihat sedang test ride motor tersebut di jalanan aspal di area komplek perumahan mewah.

Akselerasi ML-01 terlihat 'galak' saat dibetot tuas gasnya oleh Moeldoko. Tampilan depan dibuat lekukan yang tajam dan futuristik.

Untuk di bagian roda tampaknya pakai velg ring 17 inci standar motor bebek. Berbeda dengan Gesits yang mengandalkan belt dan pulley untuk menggerakkan roda belakang, ML-01 pakai dinamo yang berada di hub atau teromol roda belakang.

Belum ada informasi mengenai spesifikasi, baterai dan dinamo yang dipakai oleh MAB ML-01.

Apa kata Moeldoko mengenai MAB ML-01 buatannya?

"Sejak dulu, Saya memiliki minat terhadap transportasi tenaga listrik. Mendirikan perusahaan Mobil Anak Bangsa (MAB) menjadi komitmen saya dalam menciptakan trasportasi yang ramah lingkungan dengan menggunakan energi yang berkelanjutan," katanya.

Dia lalu mengatakan, dirinya sedang mengembangkan Motor Listrik hasil karya MAB, tentunya dengan dinamo buatan sendiri. 

Dinamo listrik yang dibuat MAB, kata Moeldoko, merupakan hasil jerih payah dan perjuangan talenta- talenta terbaik di Indonesia.

"Sungguh bangga bisa melihat dan mencoba sendiri motor hasil rakitan yang dibangun dengan mimpi-mimpi kita. Di masa depan dunia otomotif sangat menjanjikan, apalagi dengan teknologi kendaraan listrik. Kita perlu segera membuat lompatan dan menjadi pemain utama di Industri ini," tutup mantan Panglima TNI di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono ini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini