icon-category Auto

Mudahnya Offroad Pakai Suzuki Jimny 5 Pintu, Gak Perlu Ngerem!

  • 05 Mar 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Suzuki Jimny 5 pintu telah diluncurkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu lalu. Kali ini, PT SIS mengajak Uzone.id untuk mencicipi mobil baru mereka yang sangat ikonik itu langsung di jalanan tanpa aspal alias offroad.

PT SIS menggelar media test drive di Desa Pelangi, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di lintasan offroad ini, tersedia beragam medan mulai dari Articulation, Slope, Down Hill, Mud Boger, Water Crossing, Turning Radius, hingga Acceleration.

Menariknya, Suzuki Jimny 5 pintu dibekali sejumlah fitur yang dapat membantunya untuk offroad seperti penggerak 2x4 High, 4x4 High, dan 4x4 Low yang disebut sebagai AllGrip Pro. Ditambah beberapa fitur lainnya seperti Hill Hold Assist, Hill Descent Control, Turning Radius, dan Approach & Departure Angle.

Benar saja, saat mulai masuk ke lintasan offroad, Suzuki Jimny 5 pintu dapat menahan mobil ketika berhenti di tanjakan selama 2 detik. Sehingga saat hendak akselerasi dari posisi berhenti, tidak perlu khawatir mobil akan mundur dan menabrak mobil di belakangnya.

alt-img

Saat melewati medan offroad yang menurun, Fitur Hill Descent Control juga sangat membantu pengemudi mobil. Pengemudi tidak perlu menginjak rem, secara otomatis mobil akan melakukan pengereman untuk mengurangi kecepatan saat turunan.

Fitur ini akan aktif ketika indikator pada panel meter menyala dengan logo mobil yang jalan menurun. Kemudian saat melintasi jalan yang menurun, akan terdengar suara gerung seperti rem berdecit yang kemudian disusul dengan deselerasi kecepatan mobil.

Fitur AllGrip Pro 4L juga memudahkan saat Suzuki Jimny 5 pintu akan digunakan untuk melintasi medan yang licin karena lumpur. Pengemudi tidak perlu menginjak gas, maka mobil akan berjalan dengan sendirinya secara perlahan, sehingga meminimalisir terjadinya selip di jalur offroad.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup memindahkan tuas transmisi ke netral, kemudian pindahkan tuas penggerak roda dengan menekannya ke bawah dan dorong ke belakang hingga indikator 4L menyala berlogo 4 roda yang terhubung dengan gardan.

Saat sudah menyala, cukup lepas pedal rem maka mobil akan berjalan dengan sendirinya, meskipun berada di permukaan jalan yang rusak bahkan terhambat lumpur sekalipun.

Dengan adanya Approach & Departure Angle, membuat Suzuki Jimny 5 pintu tidak kesulitan saat menemui kontur jalan yang tidak rata. Permukaan jalan yang memiliki elevasi berbeda bisa dilahap dengan mudah menggunakan Jimny 5 pintu.

Sebagai catatan, selama test drive Suzuki Jimny 5 pintu ini menggunakan unit mobil yang masih standar baik dari segi mesin, kaki-kaki, hingga ke ban yang digunakan. Dalam hal ini, ban yang digunakan bukan model yang khusus untuk offroad, melainkan ban standar untuk jalan raya.

Seperti diketahui, Suzuki Jimny 5 pintu dijual di Indonesia dengan dua varian yakni single tone dan dual tone.

Pada varian single tone manual dijual seharga Rp 462 juta dan Rp475,6 juta untuk matic, sementara varian dual tone manual dijual seharga Rp465 juta dan Rp578,6 juta untuk transmisi maticnya.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini